N3, Padang ~ Pemerintah Kota Padang akhirnya menyerahkan bonus bagi atlet Kota Padang yang meraih prestasi pada Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke-XIV. Bonus menggiurkan diserahkan Walikota Padang di Palanta Rumah Dinas Walikota.

Ada yang menarik dalam penyerahan bonus pada malam itu. Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah Dt Marajo menanyakan langsung kepada seluruh atlet tentang penyebab melonjaknya jumlah raihan medali yang jauh melebihi target. Dengan spontan atlet menjawab bahwa semuanya itu berkat motivasi berlipat di dalam diri. "Semuanya ini karena ada kemauan, niat, latihan keras, dan bonus," ungkap seorang atlet di depan Walikota Padang.

Mendengar pengakuan langsung dari atlet, Walikota Padang merasa takjub dan terkesima. Motivasi berlipat di dalam diri atlet telah mengharumkan nama Kota Padang di Sumatera Barat. Walikota berharap motivasi seperti ini tetap dipertahankan. "Kita sudah mendengar langsung dari atlet, pada Porprov mendatang semangat dan capaian ini jangan sampai berkurang," ujar Mahyeldi.

Awalnya, Pemko Padang mengestimasi capaian medali dan bonus Porprov XIV sama seperti Porprov sebelumnya. Dimana pada saat Porprov sebelumnya Kota Padang meraih 110 medali emas. Namun dalam kenyataannya pada Porprov XIV, Kota Padang justru meraih 206 medali emas. "Perolehan medali jauh melampaui target di anggaran. Peningkatannya lebih 190 persen, ini luar biasa," sebut Mahyeldi.

Walikota Padang mengucapkan terimakasih kepada seluruh atlet, pelatih, official, serta KONI yang telah mampu memberikan hasil terbaik. Mengeluarkan kemampuan terbaiknya bagi Kota Padang.

"Semua juga tak terlepas dari peran serta masyarakat yang telah memberikan support dan mendampingi atlet lewat gerakan organisasi daerah, orangtua murid, dan lainnya," kata Mahyeldi.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra menyampaikan terimakasih kepada Pemko Padang yang sudah memberikan perhatian kepada atlet. Bonus yang cukup menggairahkan telah "membayar" usaha yang dilakukan atlet di arena pertandingan.

"Terimakasih kepada Walikota Padang yang telah memberikan bonus bagi atlet," tukuk Wahyu. Saya berkeinginan atlet yang meraih medali saat ini tetap dipertahankan. Tidak "lompat pagar" pada Porprov XV di Padang Pariaman dua tahun lagi.

"Atlet berprestasi kali ini jangan menjadi peserta luar Padang pada Porprov nanti," harapnya. Pada Porprov XIV kemarin ini, Kota Padang meraih prediket juara umum. Padang meraih 206 medali emas, 139 perak, 143 perunggu. Peraih medali emas diberi bonus sebesar Rp 25 juta. Peraih medali perak Rp 10 juta, sedangkan medali perunggu Rp 5 juta.

"Malam ini diserahkan bonus dengan total sebesar Rp 6,433 miliar," terang Ketua Kontingen Kota Padang, Asnel.

Malam itu belum seluruh atlet meraih bonus. Sebab, Pemko Padang hanya menganggarkan sebesar Rp 6,433 miliar pada APBD 2016. Bonus selanjutnya diberikan pada tahun depan dan telah dianggarkan pada APBD 2017.

Ketua KONI Kota Padang Agus Suardi berharap atlet penerima bonus kali ini tetap mempertahankan prestasinya dengan terus berlatih serius. Sehingga nantinya dapat meraih hasil yang sama pada Porprov XV di Padang Pariaman pada 2018. "Kita bertekad mempertahankan prestasi pada Porprov mendatang," tegas lelaki yang akrab disapa Abien ini.(Charlie)
 
Top