N3, Bandung ~ Kementrian Komunikasi dan Informatika RI sosialisasikan pemanfaatan dan penggunaan "tandatangan digital", terhadap lembaga pemerintah, mahasiswa dan unsur swasta, Selasa (13/12), bertempat di Ball Room Hotel Trans, Bandung.

Acara sosialisasi tersebut berlangsung selama satu hari dan diikuti seribu orang peserta yang umumnya dari kalangan mahasiswa dan praktisi IT. Untuk memperjelas sosialisasi tersebut, pihak Kementrian Info hadirkan dua orang nara sumber pakar digital, yaitu : Edmon Makarim dan Iwan Sumantri.

Acara sosialisasi dihadiri Sekertaris Daerah Prov.Jabar, Iwa Karniwa dan sekaligus menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Jawa Barat. Peresmiannya itu sendiri dilakukan oleh Staf Khusus Kementrian Kominfo, Lis Lestari Sutjiati dengan melakukan tanda tangan digital.

Direktur Keamanan Informasi Kementrian Info, Aidil Cenderamata mengemukakan, bahwa sosialisasi tanda tangan digital di Bandung ini merupakan upaya promosi dan pemanfaatan tanda tangan digital dan sebagai bagian dari roadshow. "Di Bandung ini adalah roadshow yang ke-11", ujarnya.

Hingga roadshow yang ke-11 ini sudah dikeluarka 10 ribu sertifikat digital secara gratis masing-masing kepada peseorangan dan lembaga baik pemerintahan maupun swasta dan perseorangan kepada para praktisi serta mahasiswa. Di Bandung ini akan dikeluarkan 1000 sertifikat digital kepada peserta yang hadir, jelasnya.

Dengan adanya sosialisasi Program Tanda Tangan Digital ini, diharapkan akan semakin dikenal dan dimanfaatkan dan tidak perlu ada lagi yang menggunakan kertas. "Setiap tanda tangan digital dalam suatu dokumen elektronik, dijamin oleh Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU-ITE), pungkasnya.
 
Top