N3, Bukittinggi ~ Setiap komponen Inkanas Provinsi Sumatera  Barat selalu mengutamakan seiya sekata, kebersamaan, keutuhan dan silaturrahmi yang kokoh dalam mengerakan organisasi ini mengembangkan diri baik dalam prestasi yang ingin dicapai. Kaderisasi tidak boleh berhenti, kesungguhan kerja menjadi semangat untuk berkarya nyata, bagaimana Inkanas Sumatera Barat terdepan di Indonesia, “ basamo mangko manjadi”.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Inkanas yang dijabat Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, ketika membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah ke-1 Sumatera Barat tahun 2016 di Bukittinggi. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Dewam Guru Inkanas Syamsul Bahar, pengurus Inkanas Sumbar, utusan 16 cabang kab/ko se Sumbar,dan utusan pengcab khusus.

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyampaikan, hal ini juga terjadi pada saat pemilihan ketua umum, dengan musyawarah dan mufakat semua satu. Jangan ada disetiap pengurus ini praduga-praduga yang tidak sehat dan konsolidasi perlu dilakukan agar organisasi ini semakin kuat.

“Mari kita kerja, kerja dan kerja soal dana itu nomor dua, karena hasil yang diharapkan akan datang dari usaha dan kerja yang dimulai secara, berkelompok sehingga tujuan dan target organisasi dapat dicapai dengan baik dan maksimal”.

“ Saat ini Inkanas Sumatera Barat merupakan yang terbaik, porprov Sumbar telah membuktikan atlit inkanas meraih pestasi terbanyak. Kita memiliki lapisan I atlit sebanyak 14 orang, dan lapisan II atlit sebanyak 16 orang. Ini akan terus kita latih secara khusus agar menjadi atlit andal Inkanas di Sumatera Barat, “ ungkap Irwan Prayitno.

Ia juga menyampaikan, kemudian untuk meningkatkan jumlah guru kita akan terus lakukan kegiatan kenaikan tingkat secara rutin berkala. Karena untuk naik tingkat DAN IV keatas mesti keluar daerah Inkanas Sumbar akan memfasilitasi termasuk dengan menambah jumlah Dewan Guru dan Dewan Juri dengan pelatihan TOT di tingkat nasional.

Tahun depan dengan beralih kewenangan  ada 600 SMA dan SMK ke provinsi, tentu kita membuka peluang menambah dojo baru disetiap sekolah tersebut sebagai kegiatan ekstarkurikuler siswa. Mengajak para generasi muda untuk berolah raga ini agar mereka terhindar dari narkorba dan kegiatan-kegiatan lain yang merusak jiwa dan mental mereka.

“ Kita berkeyakinan generasi muda yang suka berolahraga ini, akan menjadi sehat, sehat jasmani dan rohani/ mental serta juga akan meningkatkan disiplin dan rasa tanggungjawab terhadap apa yang dikerjakan mereka. Selain itu juga kita menyiapkan banyak pelapis atlit Inkanas menunju prestasi dunia”, ujarnya.

Pada kesempatan itu Erdhi Janur, SH Ketua Panitia Rakerda I Inkanas juga menyampaikan, Rakerda I ini akan membahas materi, pembinaan dan prestasi, konsolidasi organisasi, penelitian dan pengembangan, TC dan latihan, pertandingan, gashuku dan ujian DAN, kesehatan serta materi hukum dan disiplin.

Jumlah peserta Rakerda terdiri dari, pengurus Inkanas Sumbar 20 orang, utusan pengcab 16 kab/ko se Sumatera Barat 48 orang dan utusan 4 pengcab khusus 12 orang. Saat ini pengcab Inkanas yang belum dilantik adalah Pasaman, Sawahlunto dan Mentawaid

“ Dengan ditetapkannya program-program kegiatan Inkanas masa bakti 2016-2020 ini, diharapkan terwujudnya peningkatan SDM pengurus, Majelis Sabuk Hitam, Atlit, Pelatih dilingkungan keluarga besar Inkanas dan terlaksananya konsolidasi organisasi yang kokoh dimasa-masa mendatang, “ ujarnya.

Rakerda ke I Inkanas Sumatera Barat ini berlangsung pada tanggal, 11-12 Desember 2016, juga dibarengi dengan latihan gabungan MSH di Lapangan Kantin Kota Bukittinggi. Latihan gabung ini semakin bersemangat walaupun hujan lebat mengguyur Kota Bukittingi. hms
 
Top