N3, Samarinda ~ Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) IX Friendship Games 2016 atau ajang olahraga dua tahunan bagi negara-negara ASEAN di kawasan timur yang digelar pada pada 7-12 Desember resmi dimulai setelah dibuka Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Convention Hall Samarinda.

Dalam sambutannya, Awang mengatakan, BIMP EAGA merupakan bagian dari langkah nyata dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan negara-negara di kawasan timur ASEAN dan sebagai wujud realisasi pembinaan prestasi olahraga di kawasan tersebut.

"Saya berharap, melalui BIMP-EAGA IX Friendship Games 2016 ini, semua atlet bisa meraih dan mencetak prestasi yang terbaik dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas dan mengedepankan semangat persaudaraan. Saya yakin dan percaya persaudaraan di atas segalanya," pesan Awang.

Dikatakan, BIMP-EAGA kini menjadi kawasan dinamis dan penuh kemajuan dalam kerjasama ekonomi dan perdagangan, kebudayaan dan pariwisata serta sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN yang menjadi andalan di masa depan.

"Mari kita sukseskan event ini. Sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses peningkatan ekonomi kerakyatan. Selamat berlomba dan semoga menjadi yang terbaik," katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana BIMP-EAGA IX Friendship Games 2016 Fachruddin Djaprie menyampaikan event ini akan diikuti 1.106 peserta dari 15 delegasi  5 negara yakni yakni Brunei Darussalam, Malaysia (Sarawak, Sabah, Labuan), Philipina (Mindanao, Pahlawan), Indonesia (Sulut, Sulsel, Kaltara, Kaltim, Kalsel, Kalteng, Kalbar dan Maluku) dan satu negara tamu yakni Australia (Darwin).

"Darwin, Australia telah menjadi anggota baru dalam event olahraga dan telah ditetapkan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan berikutnya. Nantinya nama pelaksanaan akan berubah menjadi Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines-Darwin (BIMPD) EAGA," katanya.

BIMP EAGA IX Friendship Games 2016 mempertandingkan 12 cabang olahraga yakni futsal, panahan, karate, pencak silat, atletik, bola voli pasir, bulutangkis, sepak takraw, tenis meja, tenis lapangan, basket dan cabor eksibisi yakni golf dengan memperebutkan 66 medali emas, 66 medali perak dan 66 medali perunggu.

"Lima titik lokasi pertandingan dalam event ini yakni di komplek Stadion Madya Sempaja (cabor atletik, sepak takraw, bulutangkis dan basket), Stadion Segiri (futsal, tenis), folder air hitam (tenis meja, anggar dan karate), SKOI (voli pasir) dan Tepian Mahakam (panahan)," katanya. (rus/sul/ri/humasprov)
 
Top