Pasca dilantik 1 Oktober 2013 oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di gedung DPRD Padangpanjang, pasangan Walikota Hendri Arnis dan Wakil Walikota Mawardi langsung membawa perubahan untuk kota serambi mekah itu.

Sejak awal Hendri mengusung satu komitmen awal sebagai pasangan kepala daerah terpilih, yakni menyelesaikan program pemimpin sebelumnya, meningkatkan  kinerja aparat dan membawa Padangpanjang sebagai kota yang aman dan sejahtera.

Meski ketika mengawali tugas sebagai kepala daerah, walikota termuda yang dikenal sangat energik itu mengaku kikuk, karena struktural hampir di setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang ada belum menyatu dengan visi kepemimpinannya, namun akhirnya semua bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Kini pada usianya ke 226 , Kota Padang Panjang terus berbenah, dengan visi dan misi yang terangkum untuk mewujudkan Padang Panjang yang aman dan sejahtera, kota yang berjuluk Kota Serambi Mekkah ini mensejajarkan diri dengan daerah lainnya.


Salah satu program besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, adalah dimulainya pembangunan pasar. Pasar Padang Panjang ini direncanakan  rampung akhir 2017 nanti.

Selain itu Hendri Arnis juga membangun Islamic Center di atas tanah lebih dari 4 Ha. Nanti selain bangunan masjid yang megah juga ada beberapa gedung dan lapangan untuk dimanfaatkan masyarakat berbagai kegiatan. Bangunan yang terletak di Kelurahan Koto Katiak,  ini direncanakan rampung akhir 2017.


Kota Padang Panjang yang berpenduduk sekitar 50.000 jiwa, yang tersebar di dua kecamatan di bawah  kepemimpinan Hendri Arnis dan Mawardi, membuktikanya dengan berbagai raihan prestasi tingkat daerah maupun tingkat nasional.



“Prestasi ini tentu menjadi motivasi bagi seluruh stakeholder dalam mewujudkan Padang Panjang yang aman dan sejahtera," ujar Walikota Hendri Arnis  suatu kali beberapa waktu lalu.


Tingkat provinsi Sumatera Barat, Padang Panjang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh daerah lain, bagaimana tidak pada tahun ini saja setidaknya puluhan prestasi diraih Padang Panjang untuk tingkat nasional.

Sepanjang tahun 2016 tercatat berbagai prestasi yang diraih dan penghargaan yang diperoleh berkat kerja keras dari komitmen Hendri Arnis membangun Padang Panjang. Seperti bidang pendidikan, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, administrasi pembangunan,  kesehatan lingkungan hidup, administrasi kependudukan, lalulintas dan transportasi dan sosial kemasyarakatan lainnya.

Di bidang pendidikan, Walikota Padang Panjang Hendri Arnis menerima penghargaan sebagai Pengelolaan Pendidikan Terbaik  II tingkat Sumatera Barat, Anugrah Kawastara Pawitra dari Kementerian Pendidikan serta  Inaugurasi Sampoerna Academy dari perusahaan Sampoerna Group atas kepedulianya terhadap dunia pendidikan.

Pada bidang lingkungan hidup, Adiwiyata tingkat Prov Sumbar diraih dua sekolah sekaligus,  peringkat II Kelurahan Bersih,  serta Harapan 2 penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Sumbar dan memperoleh anugrah Adipura Buana dari pemerintah pusat sebagai kota terbersih 2016 untuk kategori kota kecil.


Sedangkan dibidang pelayanan kependudukan, kota Padang Panjang menjadi salah satu kota di Indonesia yang dipercaya sebagai pilot project Kartu Identitas Anak ( KIA ), meraih penghargaan pencapaian target penerbita akte kelahiran anak, dan menerima sertifikat  pelayanan publik  yang standar ISO 9001: 2015 dari PT. BSI Perwakilan Indonesia yang diserahkan pada Tgl 1 Desember 2016.

Dalam memberdayakan perempuan dan keluarga berencana,  meraih juara 3 kategori madya tingkat nasional, dan juara 1 KB Lestari 10 th dan 20 th tk Propinsi Sumatera Barat, Ayah Genre  Award disandangkan kepada Walikota Hendri Arnis  karena dinilai sebagai kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi terhadap program generasi berencana.

Pemerintah kota Padang Panjang juga memperhatikan kesehatan masyarakatnya, didukung dengan keberadaan sarana dan prasarana kesehatan penghargaan Kota Sehat dengan predikat Swastisaba Wistara menjadi milik kota Padang Panjang. **
 
Top