Nusantara ~ Tinggal menghitung hari menuju hari Natal! Bagi kamu yang merayakannya, sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk hari Natal tahun ini? Bagi yang merayakan, tentunya kamu sudah sibuk dengan segala persiapan Natal bersama keluarga maupun orang-orang tercinta ya?
Seperti halnya Lebaran, perayaan Natal di setiap negara juga punya tradisi masing-masing.
Amerika
Hari raya Natal di Amerika biasanya lekat dengan tradisi tukar-menukar kado, mengirim kartu ucapan Natal, menghias rumah, menghias pohon Natal dengan lampu-lampu dan lingkaran daun-daunan. Selain itu, biasanya pada malam Natal umat kristiani di Amerika mengadakan pesta perjamuan dengan keluarga maupun kerabat. Menu yang dihidangkan seringkali melibatkan kalkun. Tradisi ini sudah populer sejak abad ke-18.
India

Perayaan Natal di India sangat unik. Sebab, pohon Natal tidak terbuat dari pohon cemara seperti pada umumnya, melainkan dari pohon mangga atau pisang. Mereka yang merayakan Natal akan mendekorasi rumah dengan daun mangga dan lampu minyak yang diletakkan di atap rumah atau di atas tembok.


Cina
Di Cina, perayaan Natal dilakukan dengan menghias rumah menggunakan lentera dan kertas. Puncak perayaan Natal dilakukan di Tahun Baru di mana setiap anak akan menerima hadiah baju baru, makan makanan mewah, mendapatkan mainan baru dan menikmati permainan kembang api. Selain itu, foto atau lukisan nenek moyang akan dipajang di ruangan utama rumah masing-masing.
Australia
Tidak seperti suasana Natal yang seringkali digambarkan jatuh pada musim dingin, Natal di Australia justru jatuh pada musim panas. Karena itu, banyak aktivitas bernuansa Natal yang mereka lakukan di kolam renang, pantai, atau pusat perbelanjaan. Permainan kriket yang dimulai sehari sesudah Natal dan perlombaan perahu dayung dari Sydney ke Hobart di Pelabuhan Sydney adalah dua acara olah raga penting yang diadakan tiap Natal. Namun seperti layaknya tradisi Natal di berbagai negara lain, keluarga Kristen di Australia biasanya juga meluangkan waktu untuk berkumpul dan makan bersama di malam Natal.
Austria
Jika Sinterklas adalah mascot natal di negara-negara lain, berbeda dengan Austria. Pada tanggal 5 Desember, Krampus Night dilaksanakan di Austria. Krampus adalah tokoh yang dipercaya sebagai kembaran Sinterklas namun memiliki sifat yang sangat bertolak belakang dengan Sinterklas. Krampus bertugas untuk memukuli dan menghukum anak-anak nakal di seluruh dunia. Krampus Nigh dirayakan dengan laki-laki yang memakao kostum setan yang akan berkeliling di seluruh kota dan memukuli orang-orang yang lewat dengan menggunakan tongkat.
Spanyol
Setelah melakukan kebaktian di malam Natal, warga Spanyol akan berjalan sambil membawa obor. Selain itu, mereka juga akan memainkan alat music seperti gitar, drum, dan rebana sepanjang malam tanpa tidur.

Kanada
Terdapat sebuah festival di Kanada saat perayaan Natal berlangsung. Dalam tradisi ini masyarakat akan memakai kostum natal dan berkeliling ke setiap rumah dan sambil bertanya, “Apakah ada Mummers mala mini?” lalu mereka juga mulai menyanyi dan menari di rumah yang mereka singgahi. Lalu tuan rumah akan menyajikan kue natal dan susu hangat kepada mereka.
 
Top