Wapres Menghadiri APEC Leaders’ Meeting

N3, Peru ~ Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla pagi hari ini (17/11) akan bertolak  ke Lima Peru untuk menghadiri Asia-Pacific Economic Cooperation Economic Leaders' Meeting (AELM). Wapres akan bertolak dari Bandara Halim Perdana Kusuma dengan menggunakan pesawat Boeing Bussiness Jet (BBJ) dan dijadwalkan tiba di Pangkalan Udara Militer ALAR 2, Lima, Peru, pada Jumat (18/11)) pukul 05.44 Waktu Setempat (WS) setelah transit di Guam, Honolulu, dan Acapulco serta menempuh penerbangan selama 25 jam 44 menit.

Pada Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2016 kali ini, terdapat tiga isu utama yang menjadi kepentingan nasional dan perlu ditindaklanjuti, yaitu: kelanjutan pembahasan mengenai kerjasama regional untuk pembangunan di pedesaan dan pengetasan kemiskinan (rural development and poverty alleviation/ RDPA), penerapan Cetak Biru Konektivitas APEC (APEC Connectivity Blueprint 2015-2025), dan penguatan kerjasama bidang maritim.

Sebelum melakukan rangkaian kegiatan AELM pada hari Sabtu (19/11), diantaranya APEC Business Advisory Council (ABAC) Dialogue, Second Informal Dialogue with the Pacific Alliance, Informal Dialogue with Facebook CEO, Mark Zuckerberg di Grand National Theater, dan  menghadiri Jamuan Santap Malam dan Pertunjukan Seni Budaya oleh Presiden Republik Peru Pedro Pablo Kuczynski, Wapres  akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Sosialis Vietnam Truong Tan Sang dan Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill.

Sementara di hari Minggu (20/11) bertempat di Lima Convention Center, Wapres dijadwalkan menghadiri the 24th AELM yang tahun ini mengambil tema “Quality Growth and Human Capital Development: Foundations for Sustainable Growth in The Asia-Pacific”. Disamping itu, Wapres juga akan menghadiri First APEC Leaders’ retreat: “Challenges to Free Trade and Investment in The Current Global Context”, Second APEC Leaders’ Retreat: “Food Security, Climate Change Adaptation and Access to Water” dan “Integrating The Asia-Pacific: Towards A Real and Functional Connectivity in The Region”, serta  Adoption of The 24th APEC Leaders’ Declaration. Sore harinya, mengakhiri seluruh rangkaian acara AELM, Wapres dijadwalkan menghadiri Upacara Penutupan.

Wapres akan bertolak dari Lima, Peru, untuk kembali ke Jakarta pada hari Selasa depan (22/11). Setelah melakukan transit di Los Angeles, Honolulu, dan Guam, Wapres dijadwalkan tiba Jumat (25/11) pukul 00.30 WIB di Bandara TNI AU Halim Perdana Kusuma.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Wapres didampingi oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Infrastruktur dan Investasi, Muhammad Abduh, Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi, serta rombongan. (Humas Kemensetneg)
Previous Post Next Post