N3, Padang ~ Sebagai persiapan untuk perlombaan Palinggam Dayung Festival (PDF) 2016 yang akan dilaksanakan pada tanggal 01 Desember nanti di bantaran sungai Seberang Palinggam kota Padang, Tim Dayung Ikatan Pemuda Pemudi Kampung Batu (IPPKB) dibawah koordinator Alwi Gozali, Irwansah serta Ronald Gempa, terus mengasah mental, kepercayaan diri dan kemampuan fisik para atletnya.

Secara mental dan kepercayaan diri, Irwan bersama Alwi Gozali dan Ronald selalu memotivasi atletnya agar,  jangan pernah merasa terbebani akan kekalahan, dan jangan malu untuk kesalahan. Karena kemenangan dapat diraih melalui kemampuan dan kesiapan pada saat bertanding.

Selain itu, latih tanding atau uji coba juga perlu dilakukan untuk meningkatkan mental. Ini sangat dibutuhkan untuk mengukur kemampuan diri, sehingga jika bertanding, kita akan serius dan berupaya semaksimal mungkin meraih kemenangan.

Untuk kemampuan fisik sendiri, Irwan bersama manajer dan koordinator lainnya telah berupaya agar bisa menyediakan sarana dan prasarana untuk atlet, meskipun dengan peralatan apa adanya.

Menurut Irwan, satu hal yang sangat mempengaruhi mental bertanding, berasal dari pikiran kita sendiri. Oleh karena itu, ayo berpikir positif.  santai dan lepaskan beban pikiran. Bisa dipahami karena berpikiran negatif akan memunculkan energi negatif pula.

Pikiran yang fokus memang dapat meningkatkan efektivitas pekerjaan kita. Jika dalam hal perlombaan atau pertandingan, maka fokus bisa juga berarti bahwa apa yang kita lakukan akan berdampak positif untuk kita sendiri maupun terhadap tim.

Dan yang tak kalah penting, "Nutrisi yang baik dan cukup, juga selalu kita perhatikan, apalagi kalau kita adalah atlet. Istirahat juga harus mencukupi, terutama ketika setelah latihan maupun bertanding," katanya.

Yang terakhir, selalu berdo'a. Karena do'a adalah sumber kekuatan jiwa," Do'a maupun bentuk sugesti positif lainnya memang bisa kita gunakan setiap kita bertanding. Ini juga yang banyak mempengaruhi atlet-atlet profesional. 

Untuk Target, ia optimis, pada tahun ini, timnya dapat meraih sukses menjadi juara. Sebab berdasarkan pengalaman pada penyelenggaraan lomba dayung tradisional perdana, yang diselenggarakan tahun lalu, tim IPPKB berhasil menjadi Runer Up.

Oleh karena itu, Ia sangat berharap, apabila metode penerapan latihan dapat dijalankan dengan baik, serta bermain dengan sungguh-sungguh, maka kemenangan dan juga prestasi akan mengikuti," ucap Irwan bersama Alwi Gozali yang yang di Amiini Ronald Gempa beberapa menit lalu, dilapangan. **

 
Top