N3, Padang ~ Merebaknya informasi seputar instruksi Walikota Padang terkait penyediaan sarana penunjang penginapan atlet membuat orang tua siswa kelabakan. Sebelumnya beredar informasi tak resmi yang menyebut beberapa sekolah yang menjadi venue penginapan kontingen Porprov, pihak sekolah harus menyediakan tikar dan bantal.

Hal ini dibantah keras oleh Ketua V Porprov Sumbar, Suardi Junir. Ia menegaskan, tidak benar ada instruksi dari Walikota Padang menyangkut penyediaan bantal dan tikar oleh pihak sekolah untuk kontingen peserta Porprov 2016 di Kota Padang.

“Kita tidak pernah mewajibkan pihak sekolah menyediakan tikar ataupun bantal kepada pihak sekolah. Pemko Padang sifatnya hanya menunggu kontribusi dan partisipasi dari orang tua siswa. Jika berkenan membantu alangkah baiknya. Jika tidak pun juga tidak masalah,” tegas Suardi Junir, kemarin.

Ia menambahkan, sebelumnya Pemko Padang telah bertemu dengan seluruh kepala sekolah yang sekolahnya dipakai untuk penginapan atlet. Dalam pertemuan itu tidak ada paksaan kepada kepala sekolah untuk menyediakan sarana penginapan.

“Jadi, tidak benar ada paksaan kepada kepala sekolah. Jika ada yang membantu, kita tentu tidak bisa melarang karena itu sifatnya partisipasi bukan instruksi,” jelasnya.

Sebelumnya, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Pemko Padang tidak pernah mengirim surat resmi kepada kepala sekolah menyangkut hal ini. Mahyeldi mengaku tak ingin memberatkan orang tua siswa dengan meminta bantuan untuk pesta olahraga terakbar Ranah Minang.

Hal serupa diakui Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra. Politis Partai Golkar itu mengakui tidak ada ketegasan dari Pemko Padang menyangkut bantuan bantal dan tikar kepada 27 gedung sekolah yang dipakai untuk penginapan kontingen.

“Kalau memang Pemko meminta bantuan dengan bukti tertulis itu tidak bisa dibenarkan. Namun setahu saya sifat bantuan itu tidak mengikat, hanya sebatas partisipasi,” tutup Wahyu. Bantuan Kasur Padang Terus Mengalir.

Sementara itu, bantuan kasur Padang yang akan digunakan untuk penginapan kontingen terus mengalir. Ratusaan kasur Padang bantuan dari beberapa pengusaha dan perusahaan swasta saat ini masih berada di sekretariat Panpel dan Media Centre Porprov, gedung KNPI Sumbar, komplek GOR H. Agus Salim Padang.

Kasur-kasur itu nantinya akan didistribusikan kepada seluruh sekolah yang ditunjuk sebagai venue penginapan kontingen. Untuk memenuhi keputuhan atlet, pelatih dan ofesial, Panpel membutuhkan sedikitnya 7000 kasur Padang. Sementara hingga Senin (14/11) kemarin bantuan kasur tersebut sudah terkumbul sekitar 1000 unit lebih.(tf/ar)
 
Top