N3, Mentawai ~ Percepatan pembangunan Kabupaten Mentawai merupakan langkah maju, bagaimana pemerataan pelaksanaan pembangunan di Sumatera Barat serta menjadikan Kabupaten Kepulauan Mentawai terlepas dari ketegori daerah tertinggal. Kunjungan selama 4 (empat) hari saat ini belum sepenuhnya dapat menghimpun data dan informasi kondisi realitas dan kebutuhan pelaksanaan pembangunan di Pulau Siberut.

Hal ini disampaikan Wagub Nasrul Abit saat memberikan pengarahan dalam rapat pertemuan dengan Pemkab Kepulauan Mentawai dengan Tim Penghimpun Data dan Informasi Pembangunan Mentawai Pemprov. Sumbar, di ruang rapat kantor Camat Siberut Selatan, di Muara Siberut. Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Mentawai yang diwakili Asisten Pembangunan D. Lubis, Camat, dan Tim Penghimpun Data dan Informasi Percepatan Pembangunan Mentawai Pemprov. Sumbar, serta beberapa SKPD terkait Pemkab Kepulauan Mentawai.

Lebih jauh Wagub Nasrul Abit menyampaikan, hari ini kita telah mendapat beberapa data dan informasi kondisi dan solusi pelaksanaan pembangunan kabupaten Kepulaun Mentawai, walaupun diakui belum sempurna. Untuk diharapkan kawan-kawan dari Pemkab Kepulauan Mentawai dapat membantu menyempurnakan data ini, sehingga ini akan menjadi bahan penting dalam percepatan pembangunan Mentawai.

Nanti di Padang kita akan rapat lagi membahas segalanya, termasuk terhadap pelaksanaan pembangunan sesuai kewenangan daerah dan pemerintahan pusat dan kemungkinan kita mengajak investor.

" Kita akan finalkan secepatnya untuk segera menyampaikan ke pemerintah pusat melalui Menko Bidang Pembangunan SDM dan Kebudayaan Buk Puan Maharani," ujarnya.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan rasa senang dan bangga akan kerjasama tim dan penerimaan pemerintah dan masyarakat Mentawai amat baik dan bersahabat. Untuk itu kami sampaikan apresiasi penghargaan dan terima kasih, ungkapnya.

Asisten Pembangunan Mentawai D Lubis dalam kesempatan itu menyampaikan, kunjungan Wakil Gubernur bersama Tim pemprov. Sumbar ke Mentawai telah membuka harapan dan semangat kami untuk memajukan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, minimal saat ini upaya langkah untuk pelaksanaan pembangunan di Pulau Siberut.

Kita berharap Wagub dan tim juga hendak mengunjungi daerah- daerah lain, seningga dapat pula menjadi pemikiran dan langkah-langkah yang baik dalam memajukan percepatan pembangunan Kabupaten Kepulaian Mentawai secara umum, harapnya.

Saat ini data dan informasi yang dibahas tentang beberapa permasalahan , tata kelola pemerintah, SDM, Pangan dan Pangan, Investasi, Industri, Koperasi dan UKM, Pariwisata, Kemiskinan dan pengangguran dan lingkungan hidup dan kebencanaan. Dan juga telah menyiapkan bentuk-bentuk solusi, perencanaan  dan potensi program kegiatan yang telah pula disiapkan oleh di Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai selama ini. Semua itu ditampung sebagai bahan pembahasan penyempurnaan dalam pelaksanaan percepatan pembangunan Mentawai dalam waktu efektif tahun 2018. 2019 dan 2020. Hms
 
Top