N3, Padang ~ Akhirnya Kota Padang memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) definitif, setelah beberapa lama dijabat pelaksana tugas (Plt). Posisi tersebut diisi Ir. H. Asnel M.Si yang dilantik Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah pada prosesi pengambilan sumpah jabatan di Ruang Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang, Jumat (18/11) pagi.

Walikota Mahyeldi mengatakan, tugas berat bagi Sekda baru sudah menunggu. Diantaranya adalah pertanggungjawaban anggaran 2016 menjelang akhir tahun dan pelaksanaan anggaran 2017 yang akan berjalan, perampungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang pada 2017 nanti sudah terealisasi dengan efektif. Termasuk mengawal pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan dibuka besok (Sabtu, 19/11),dimana Padang adalah tuan rumah.

"Pertanggungjawaban anggaran, perampungan OPD dan mengawal pelaksanaan Porprov serta benerapa event menjelang akhir tahun adalah tugas berat dalam waktu dekat bagi Sekda yang baru, " kata Wako Mahyeldi.
Disamping itu, Walikota mengharapkan Sekda yang baru dapat diandalkan dalam menjalankan tugas-tugas eksekutif, serta mendorong peningkatan kinerja seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Diharapkan Sekda yang baru dapat menjalankan tugas -tugas eksekutif dengan baik dan mendorong kinerja ASN dalam penyelenggaraan pemerintahan, "ulasnya.

Sementara itu, Sekda yang baru, Asnel mengungkapkan, pertanggungjawaban anggaran 2016 oleh semua SKPD hingga akhir tahun ini sudah harus diselesaikan.

"Untuk 2017, semua SKPD fikus untuk pelaksanaan anggaran, "sebut mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Padang tersebut.

Terkait OPD baru, Asnel menyebut efektif berlaku pada 2017. "2017 nanti semua sudah dengan OPD yang baru, sehingga anggaran yang dijalankan sesuai dengan OPD baru,"tikasnya.

Pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini turut menyaksikan, Wakil Walikota Padang Emzalmi, Wakil Ketua DPRD dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta jajaran pejabat di lingkungan Pemko Padang.(DU/Yz)
 
Top