N3, Sumbar ~ Gubernur Irwan Prayitno membuka secara resmi Festival Rupa Nagari Pariangan 2016. Kegiatan Festival Rupa ini merupakan kegiatan Yayasan Seni Rupa Sumatera Barat dilapangan guna menarik minat masyarakat untuk menggagumi keindahan Alam Sumatera Barat, sebagai rahmat Allah yang tidak terhingga.

Hal ini disampaikan Kabag Penerangan Biro Humas Zardi Syahrir, SH.MM, di ruang kerjanya, Rabu (9/11).
Lebih lanjut Kabag Penerangan menyampaikan, Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyatakan kegiatan ini merupakan kreatifitas para seniman perupa yang ingin ikut mempromosikan dan memajukan pembangunan pariwisata Sumatera Barat.

“ Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap panitia yan telah berusaha menyelenggarakan kegiatan ini. Kita berharap kegiatan festival rupa ini terus berlajut kedaerah-daerah lain di lokasi-lokasi wisata lokasi kemasyarakat, yang sesungguhnya ini juga promosi dan para seniman kita melahirkan karya karya lukiasan indah yang menceritakan dinamika Sumatera Barat di atas kanvas”, ajak Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno juga menghimbau setiap kita anak nagari memiliki tanggung jawab untuk melestarikan , dengan  menjaga budaya dan adat tidak terpengaruh terhadap globalisasi budaya asing yang amat berbeda dengan nilai-nilai budaya kita.

“ Budaya dan adat kita mesti kita lestarikan dengan kehidupan sehari-hari sebagai kebanggaan dan harga diri, orang lain itu sesungguhnya ingin mempelajari nilai-nilai budaya dan adat kita. Dengan budaya kita sendirilah baru orang bisa menghargai dan menghormati kita, “ kata Irwan Prayitno. Mengenai Nagari Pariangan sebagai desa terindah sedunia, Gubernur Irwan Prayitno ikut bangga dan perlu kita jaga dengan sikap sopan satun sesuai adat dan budaya kita.

“ Ini sesuatu yang menurut kita mungkin biasa-biasa saja tapi penilaian orang lain ini menyatakan ini sebagai desa terindah. Makin ramai orang datang ke sini tentunya semakin banyak pula mereka berbelanja disini, tinggal bagaimana masyarakat kita menyiapkan segala sesuatu hasil produktifitas apa kerajinan, makanan serta pernak pernik sebagai oleh-oleh bagi mereka pernah datang ke daerah ini, “ seru Irwan Prayitno.

Asnam Rasyid sebagai Pembina Yayasan Seni Rupa Sumatera Barat dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan ini merupakan sebuah proses pendekatan objek lukisan yang akan dituangkan ke atas kanvas. Dan kegiatan ini merupakan sebuah pendekatan seniman dengan masyarakat di Pariangan Sumatera Barat untuk juga menghargai karya seni lukis sebagai bahagian dari sebuah kebudayaan.

“ Kita amat senang dan bangga Pak Gubernur Irwan Prayitno memberikan perhatian terhadap bidang seni dan sastra. Atas nama seniman dan budayawan , diucapkan terima kasih, semoga segala perhatian dan kepedulian pak Gubernur Irwan Prayitno ini, mampu membangkitkan semangat dan kemajuan karya-karya seniman yang berkelas nasional dan internasional nantinya, “ ungkapnya.

Metrizal seorang seniman asal Padang, yang saat ini berdomisili di Pekanbaru, amat tidak menyangka seorang Gubernur Irwan Prayitno mau bersenda gurau sama seniman di Sumatera Barat.

“ Kita cukup senang dan amat salut atas motivasi Gubernur Irwan Prayitno yang mau memajukan karya seniman Sumatera Barat, semoga melalui karya-karya seniman Sumatera Barat pembangunan pariwisata di Sumatera Barat semakin sukses, dan hidup seniman semakin baik juga,” doanya.
 
Top