N3, Samarinda ~ Kunjungan kerja Gubenur Kaltim H Awang Faroek Ishak di Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU)  dan Kabupaten Paser bersama dengan kepala SKPD terkait tidak hanya melakukan peninjauan beberapa proyek yang sedang dilaksanakan, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan lain.

Diantaranya, penyerahan 50 unit rumah untuk Komunitas Adat Terpencil di Paser, penyerahan bantuan sosial terencana baik untuk veteran, janda veteran maupun untuk penyandang disabilitas. Kemudian melakukan penanaman bibit pohon jagung di Daerah Aliran Sungai (DAS) baik Balikpapan, PPU maupun di Kabupaten Paser.

Selain itu kegiatan lain yang akan dilakukan Gubernur adalah  melakukan  pencanangan penanaman jagung secara serentak untuk wilayah  Kaltim yang akan dipusatkan di Desa Karang Dayu, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser.

"Lokasi pencanaganan penanaman jagung sudah kita  persiapkan yaitu di Desa Karang Dayu, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser dengan luas keseluruhan 1.000 hektar  yang termasuk dalam anggaran murni," kata Kepala Dinas Pertanian Kaltim H Ibrahim, Senin (7/11).

Selain di Paser, penanaman jagung juga akan dilaksanakan  di Kabupaten Berau, PPU, Kukar serta kabupaten lainnya yang luas areal secara keseluruhan diatas 5.000 hektare, begitu juga pada anggaran perubahan juga ada 5000 hektare.

"Kalau kita bisa berhasil menyelesaikan dua anggaran tersebut, maka pada tahun 2017 mendatang, kita akan mendapatkan lagi 27.000 hekter. Oleh karena itu apa yang dilakukan ini bisa berjalan sukses, sehingga nantinya bisa kita lanjutkan tahun depan dengan luas areal yang lebih besar," paparnya.

Dalam acara pencanangan penanaman jagung lanjut Ibrahim, Gubernur juga akan menyerahkan bibit jagung kepada petani. Kemudian penyerahan 3 unit traktor untuk pengelohan tanah khusus untuk jagung. (mar/sul/humasprov).
 
Top