N3, Padang ~ Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Seni Qasidah Indonesia (DPD LASQI) Kota Padang periode 2016 - 2021akhirnya terbentuk. Dibentuknya DPD LASQI Kota Padang ini diharapkan lebih meningkatkan peran serta pembinaan dan pengembangan seni qasidah di Kota Padang.

Pengurus DPD LASQI Kota Padang masa bhakti 2016 - 2021 dilantik oleh Ketua DPW LASQI Provinsi Sumatera Barat Ismail Usman, belum lama ini. Pengurus DPD LASQI Kota Padang tersebut berjumlah 57 orang dan diketuai oleh Ny. Harneli Mahyeldi. 

Pengurus DPD LASQI Kota Padang ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan DPW LASQI Sumbar bernomor A.20/SK/DPW-LASQI-SB/09/2016 bertanggal 24 September 2016. Setelah dilantik, dalam waktu dekat DPD LASQI Kota Padang akan melaksanakan tugasnya, terutama mengembangkan seni qasidah di Kota Padang.

"Potensi seni qasidah yang merupakan potensi budaya bangsa ini harus dihimpun dan dibina serta diarahkan dalam satu wadah yakni LASQI. Karena itulah DPD LASQI Kota Padang dibentuk agar berdaya guna dan berhasil guna sehingga seni qasidah layak ditampilkan sebagai kesenian Islam dalam membentuk watak dan akhlakul karimah masyarakat Kota Padang," sebut Sekretaris Umum DPD LASQI Kota Padang Fitri Abu Hasan.

Diterangkan Fitri, seni qasidah sebenarnya telah mengakar di hati masyarakat Kota Padang. Seni qasidah mempunyai peran strategis dalam pengembangan syiar agama dan sebagai media dakwah Islam dalam menumbuhkembangkan serta meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan umat kepada Allah SWT. "Seni qasidah juga mampu memupuk kesetiakawanan dalam pembangunan bangsa," tukas Fitri.

Terdapat lima bidang dalam susunan kepengurusan DPD LASQI Kota Padang. Yakni bidang organisasi yang diketuai Alfiadi, bidang festival yang diketuai Zainar Thaher, bidang litbang dengan ketua Syofrida, bidang diklat, serta bidang humas dan usaha.(Charlie)
 
Top