N3, Bandung ~ Aksi demo 4 November yang dilakukan oleh sebagian besar kaum muslimin di Jakarta kemaren memang sudah berakhir, tetapi sesungguhnya masih ada behind the scene yang mungkin masyarakat juga perlu tau.

Selain adanya beberapa bentrokan antar pendemo dengan aparat, tetapi sesungguhnya masih ada cerita persaudaraan lain yang membuat kita tetap harus bangga dan menepuk dada sebagai bangsa Indonesia yang punya falsafah Bhinneka Tunggal Ika, berbeda tetapi tetap satu dan sungguh kita adalah bersaudara.

Seperti kisah Sabtu pagi (5/11) sebagaimana kita lihat banyak sekali pendemo yang belum kembali ke daerah masing masing dan menginap di berbagai tempat di Jakarta, salah satunya adalah Masjid Istiqlal.

Di Masjid Istiqlal banyak ditemui pendemo yang belum kembali dan ternyata pada saat kita mau bertanya, "mengapa anda belum kembali?", ternyata banyak diantara mereka yang menjawab, ketinggalan bis atau uangnya sudah habis digunakan selama demo kemaren.

Dalam rilis Pendam III/ Slw, mengetahui permasalahan tersebut, TNI tidak berdiam diri. 30 Bis dari Mabes TNI dan Mabes TNI AD dikerahkan untuk mengangkut para pendemo tersebut ke beberapa wilayah diantaranya wilayah Kodam III Siliwangi meliputi Bogor, Purwakarta, Cianjur, Kerawang, Cilegon dan Bandung dan ada pula yang ke wilayah Purwokerto.

Bukan hanya Bis yang dikerahkan termasuk makanan juga disiapkan oleh TNI selama dalam perjalanan, sebagaimana tutur salah seorang pendemo yang tidak mau disebut namanya.

"TNI memang paten, semalam saya bingung musti pulang pake apa karena waktu saya balik ke Istiqlal bis yang membawa saya dari Purwakarta sudah gak ada, saya tidak ingin meminta-minta, saya harus tetap santun sebagai orang muslim. Alhamdulillah Allah menurunkan bantuannya melalui Bapak-Bapak Tentara yang menyiapkan bis untuk mengangkut saya dan teman-teman."
 
Top