N3, Bandung ~ Pembahasan RAPBD Tahun 2017, hingga saat ini belum final, namun untuk beberapa program di tahun 2017, direkomendasikan untuk anggarannya mengalami kenaikan, ungkap Ketua DPRD Jabar, Ine Purwadewi Sundari dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (24/11).

Menurut Ine, beberapa program yang direkomendasikan agar anggarannya mengalami kenaikan diantaranya anggaran untuk penanggulangan bencana. Adapun hal yang menjadi alasannya, penambahan anggaran untuk penanggulangan bencana, selain sebagai langkah antisipasi bencana di tahun mendatang, juga untuk penanganan pasca bencana yang terjadi di tahun 2016 dialokasikan di tahun 2017.

Anggaran pendidikan, juga tahun 2017 direkomendasikan mengalami kenaikan. Rekomendasi ini sebagai respon DPRD Jabar atas alih kelola SMA/SMK. Alih kelola ini membutuhkan dana yang cukup besar.

Sebagai gambaran saja,  untuk alokasi anggaran ASN tenaga guru yang berjumlah 28.000 orang, membutuhkan dana tidak kurang dari Rp.1,3 trilyun.

Seiring dengan kian tingginya anggaran belanja di tahun 2017, ujar Ine harapannya anggaran dari Pemerintah Pusat yang tertunda di tahun 2016, di tahun 2017 dapat direalisasikan. (NR)
 
Top