N3, Padang ~ Kota Padang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan konferensi dan pameran pembangunan tentang Kota Sehat di Indonesia. Kegiatan ini bertajuk Indonesia Healthy City Conference & Expo (IHCC) 2016 . Jika tak ada halangan berarti, kegiatan ini dilaksanakan pada 2-3 November 2016 di Grand Inna Muara Hotel, Padang.

IHCC 2016 ini mengangkat tema “Integrating Healthy City To Smart City” atau Kota Sehat dan Kota Pintar yang Terintegrasi. Akan bertindak sebagai keynote speaker yakni Menteri Kesehatan RI. "Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di berbagai bidang baik dari unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun professional," kata Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Padang, Rukayah Anwar di ruang kerjanya, kemarin.

Digelarnya IHCC bertujuan untuk melahirkan gagasan-gagasan baru tentang upaya membangun kota sehat dan kota pintar di Indonesia. Sehingga diharapkan semua kota dan kabupaten menjadi kota sehat dan kota pintar.

"Bukan sekedar predikat tetapi dapat menerapkannya di sendi-sendi kehidupan bermasyarakat," terang Rukayah. Nantinya IHCC 2016 dikuti oleh 300 peserta dari seluruh Indonesia yang meliputi kepala daerah, dinas kesehatan, bappeda, forum kota & kabupaten sehat, dokter, rumah sakit, perusahaan sektor kesehatan, akademisi, dan masyarakat umum.

Selain konferensi, juga diadakan pameran kota sehat. Pameran ini bertujuan sebagai sarana informasi dan penyebarluasan hasil-hasil pembangunan kota sehat. "Sekaligus sebagai promosi produk-produk kesehatan, jaminan kesehatan, teknologi / alat kesehatan, dan sebagainya," sebut Rukayah.

Dalam IHCC 2016 itu akan hadir juga Walikota Kuching Utara Y.Bhg. Datuk Haji Abang Abdul Wahap Bin Haji Abang Julai. Ia akan mempresentasikan “Kuching Healthy City Through CBS Plan (CBS Stand for Clean, Beatiful and Safe)”.

Sementara untuk permasalahan Smart City akan tampil Prof. Suhono H. Supangkat - Pakar Telekomunikasi, Guru Besar ITB. Suhono tampil dengan presentasi berjudul “E-health Untuk Kinerja Layanan Kesehatan Yang Lebih Baik”. Seperti diketahui Prof. Suhono H. Supangkat adalah pencetus diadakannya Smart City di Indonesia.(Charlie)
 
Top