N3, Padang -- Ketua DPRD Kota Padang, Erisman Chaniago apresiasi dengan gagasan dari Jajaran Mapolresta Padang yang akan menggunakan suatu sistem aplikasi berbasis mobile yang bernama Integrated Quik Respon (IQR).

Menurutnya hal tersebut sangat membantu dalam proses penanganan secara cepat untuk kondisi atau peristiwa yang terjadi tengah - tengah masyarakat di Kota Padang melalui informasi yang diterima dari masyarakat pada aplikasi IQR tersebut.

Erisman mengatakan, saya mengetahui hal ini ketika menghadiri undangan di Mapolresta Padang bersama instansi terkait lainnya, Selasa (18/10) lalu. Dari pertemuan itu saya menilai penerapan aplikasi IQR ini sangat bagus sekali dan ini merupakan pilot projeck di jajaran kepolisian Mapolresta Padang. "Semoga dalam waktu dekat aplikasi IQR tersebut dapat terwujud dan segera dilaunching oleh Jajaran Mapolresta Padang, " kata Erisman, Kamis ( 20/10).

Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan, guna meningkatkan pelayanan serta merespon cepat pengaduan masyarakat. Jajaran Polresta Padang akan segera menghadirkan aplikasi berbasis mobile yang bernama Integrated Quik Respon (IQR).

Aplikasi berbasis mobile IQR tersebut dapat di unduh di Play Store pada pengguna handpone android. Aplikasi IQR ini berguna dalam memudahkan masyarakat dalam mengakses serta mengimformasikan suatu peristiwa/ kejadian dilingkungan setempat.

Setelah mengunduh aplikasi ini IQR ini, masyarakat diwajibkan melakukan registrasi identitas sesuai KTP terlebih dahulu. Masyarakat dapat melihat berbagai fitur pada aplikasi IQR itu seperti, Kriminalitas, Lalulintas ( perampokan, pembunuhan, narkoba, macet, kecelakaan dll, red), Bencana Alam (longsor, banjir) , Konflik sosial( tawuran pelajar, tawuaran antar kelompok dll, red), Kebakaran.

Masyarakat bebas memilih fitur dalam aplikasi tersebut dan menginformasikannya baik  melalui foto maupun pesan. Misalkan terjadi peristiwa kemacetan, tawuran, perampokan, pohon tumbang, masyarakat silakan foto dan kirim langsung dengan memakai aplikasi IQR dengan menuliskan alamat lengkap lokasi kejadian. Dengan aplikasi IQR ini, pihak kepolisian atau instansi terkait akan segera merespon cepat laporan masyarakat dan petugas segera mendatangi lokasi," terang Kapolresta.

Aplikasi aplikasi IQR itu juga terkoneksi langsung kepada intasi terkait seperti Pemerintah Kota Padang, Dinas PU Kota Padang, Dishubkominfo Kota Padang, PMI Kota Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, Korem 032 Wirabraja, PLN, dan Satpol PP. 

"Sampai saat ini kita sudah tiga melakulan rapat dan pembahasan bersama unsur pemerintahan. Berharap segera terwujud dan dalam waktu dekat aplikasi IQR itu akan segera kita launching, "ungkap Kapolresta Padang Chairul Aziz.(M7)
 
Top