N3, Padang -- Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda dan pada tahun 2016 ini merupakan peringatan ke 88 tahun.

Peringatan tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Iswanto Kwara anggota dewan dari Fraksi PDI-P  DPRD Kota Padang mengatakan, beban tanggung jawab memang dipikulkan pada setiap pundak para pemuda. Dengan tenaga para pemuda, kebudayaan dapat maju tersebar, dengan dukungan ide - ide dan fikiran para pemuda segala program penting dapat terlaksana.

Pemuda juga menjadi penentu keberhasilan atau cita -cita bangsa.Melalui tema ditahun ini "Pemuda Indonesia Menatap Dunia”. Ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu setiap generasi muda untuk memenangi “pertarungan” masa depan sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia. Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, Kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, Ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional.

"Saya berharap melalui semangat sumpah pemuda yang terus di peringati setiap 28 Oktober ini, genarasi muda Indonesia khususnya pemuda di Kota Padang harus bisa berbuat hal yang positif. Hal itu sesuai dengan ikrar pemuda 28 Oktober tahun 1928 yang membuktikan bahwa para pemuda benar - benar dan bersungguh-sungguh  untuk menciptakan hal yang positif guna membangun bangsa Indonesia, "katanya Jum'at(28/10).

Lebihlanjut disampaikan, generasi muda Kota Padang harus bisa menjauhi hal negatif yang bertentangan dengan Undang - Undang, seperti narkoba, maksiat/ pergaulan bebas atau tindakan kriminalitas lainnya.
Menurutnya hal tersebut bisa dilakukan para  pemuda dengan hal -hal yang menghasilkan suatu nilai positif, seperti lebih bergiat dalam mencapai prestasi -prestasi di bidang karya seni, pendidikan, agama, olahraga dan lainnya. Melalui prestasi - prestasi yang diperoleh tidak saja mengharumkan nama pribadi, keluarga, bahkan juga dapat mengangkat nama daerah setempat di kancah nasional maupun internasional.

Semoga melalui momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 tahun 2016  ini bisa membawa perubahan yang lebih baik menuju Indonesia yang baik, mandiri, lebih maju dan sejahtera,"ungkap Iswanto Kwara. (M7).
 
Top