N3, Padang ~ Diplomat lima negara ASEAN belajar mengenal Kota Padang, sepuluh diplomat muda dari negara tersebut berkunjung ke Padang. Kehadiran mereka disambut Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo di Palanta Rumah Dinasnya di jalan A. Yani, Padang.

Kedatangan diplomat muda ini dipimpin Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Kementerian Luar Negeri RI Eko Hartono. Menurut Eko Hartono, tujuan kunjungan ke Kota Padang adalah untuk mengenal lebih jauh Padang dan Sumatera Barat. 

"Padang berkembang luar biasa. Kita harapkan diplomat muda yang hadir saat ini memahami kekayaan budaya dan pariwisata Sumatera Barat," tuturnya di depan Walikota Padang. Selain untuk mengenal Padang, juga untuk melakukan pendidikan dan latihan (diklat) bagi diplomat muda."Diklat telah dilaksanakan sejak 2009," sebutnya.

Dipaparkan Eko Hartono, tujuan diklat tersebut untuk meningkatkan kapasitas diplomat muda lima negara ASEAN. Apalagi saat ini negara-negara ASEAN terus berkembang pesat dan banyak isu yang mesti dibahas. "Karena itu butuh diplomat handal," sebutnya.

Sementara itu, diplomat asal Vietnam, Nguyen Thanh Huyen mengatakan bahwa dirinya cukup terkesan saat berada di Padang. Dirinya melihat masyarakat Padang cukup baik dan ramah. "Padang berbeda dengan daerah lain," akunya.

Hal serupa juga diutarakan diplomat Kamboja, Rachana Kok. Menurutnya, ini merupakan kunjungan perdananya di Kota Padang. Begitu mendarat di Padang, Rachana Kok langsung jatuh cinta dengan Kota Padang. Masakan, budaya dan kultur Kota Padang cukup memikat hatinya. "Saya nanti akan promosikan Padang di negara saya," sebutnya.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo merasa terkesan dengan kedatangan diplomat lima negara ASEAN tersebut. Menurut Mahyeldi, dengan kunjungan diplomat muda tersebut akan terjalin eratnya hubungan antara Kota Padang dengan lima negara tersebut.
"Harapan kita setelah ini terjalin komunikasi dan sinergi dengan kota lainnya di lima negara tersebut sebagai 'sister city' kita nantinya," harapnya.

Lima negara ASEAN tersebut yakni Kamboja, Myanmar, Vietnam, Laos, dan Timor Leste. Sepuluh diplomat muda yang hadir malam itu yakni Rachana Kok, Chheun Sokla (Kamboja), Viengchit Ouanephongchaleune, Sathaphone Mingmoungkhoun (Laos), Su Yee Mon Sae, May Thu Aung (Myanmar), Nguyen Thanh Huyen (Vietnam), Ligia Maria Esperanca Pinto, Aquilino Amaral (Timor Leste), serta Rinnay Nitrabening Wahyunissa (Indonesia). Mereka disambut sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemko Padang seperti Kadis Pariwisata Medi Iswandi, Kepala BPMPTSP Didi Aryadi, Kepala Bapedalda Edi Hasymi, Kabag Pemerintahan Tarmizi Ismail, Kabag Perekonomian Edi Dharma, Kabag Humas dan Protokol, Mursalim, serta Kepala DKK Feri Mulyani.(Charlie)
 
Top