N3, Bukittinggi ~ Setelah menerima penghargaan gelar kehormatan Doktor dari Universitas Andalas Padang, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beserta istri Mufida Jusuf Kalla beserta rombongan menghadiri jamuan makan malam dilanjutkan dengan pertemuan serta ramah tamah dengan seluruh Bupati/Walikota se-Sumatera Barat, Forkopimda Sumbar, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat. Acara ini dilaksanakan di gedung Istana Bung Hatta, Kota Wisata, Bukittinggi.
Wakil Presiden didampingi ketua DPD RI Irman Gusman beserta istri, juga turut hadir Fahmi Idris, mantan Penjabat Gubernur Sumbar, Reydonizar Moenek, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, selamat datang dan terima kasih kepada Wakil Presiden RI beserta Ibu Mufida Jusuf Kalla.
“Kami selalu dan siap mendukung program-program dari pusat, sesuai dengan Undang-Undang yang telah diatur karena kami merupakan wakil Pemerintah Pusat didaerah.”

“Program-program unggulan yang dimiliki Sumatera Barat saat ini yang juga mengacu pada Nawa Cita dari Bapak Presiden dan Wakil Presiden yaitu diantaranya Bidang Pariwisata, Pembangunan Infrastruktur, Pertanian, Perkebunan dan lainnya.” Jelas Gubernur.

Selanjutnya Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan “terima kasih atas sambutan yang begitu ramah di Ranah Minang ini, terima kasih juga atas penghargaan dari Unand yang baru saja saya terima tadi siang.”

“Indonesia memang kaya akan adat istiadat, kultur budaya sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing. Kalau saya datang di Sumatera Barat ini disambut dengan lantunan pantun-pantun, tari-tarian minang seperti tadi. Beda lagi kalau saya kunjungan ke daerah seperti Sulawesi, Papua, kita disambut dengan penampilan tarian-tarian yang menggunakan parang, dengan anak panah, cukup ngeri memang, tapi itu adalah ciri khas seremonial mereka dalam acara penyambutan tamu.” Gurau Wakil Presiden.

“Maka dengan kekayaan budaya, berbagai macam kultur yang dimiliki oleh setiap daerah masing-masing di Indonesia ini, itu menjadi alat pemersatu dalam mempererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, karena berbeda lantas bisa bersatu. Itu hebatnya Indonesia.” Tambah Jusuf Kalla.

Direncanakan pagi ini Wakil Presiden RI beserta rombongan akan bertolak menuju beberapa titik lokasi acara di daerah Kabupaten Tanah Datar salah satunya mengunjungi Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar.
 
Top