Yuks Berorganisasi Guys, Banyak Manfaatnya Lho

N3~Hai guys, kalian pasti tau bahwa di Indonesia banyak sekali organisasi-organisasi, baik itu organisasi kemanusiaan, keagamaan maupun sosial.

Bagi kamu yang memiliki motivasi khusus memandang sebuah organisasi itu sangat bagus lho !. karena organisasi banyak manfaatnya.

Nih berikut www.nusantaranews.net coba membagikan pada kalian semua  tentang manfaat berorganisasi:

1. Belajar bersosialisasi

Ya, organisasi terdiri dari banyak orang dan di dalamnya terdapat berbagai macam karakter manusia. Dengan berorganisasi kita akan dikenalkan dengan bebagai macam karakter itu, dan belajar memahami sekaligus bekerja bersama mereka. Ketika kita bertemu dengan karakter orang yang tidak kita suka, kita diharuskan belajar profesional untuk mengedepankan kepentingan bersama di atas segala-galanya. Selain itu dengan banyaknya kenalan dari organisasi dan banyak melakukan kegiatan bersama akan memperluas jejaring kita.

2. Belajar kepemimpinan

Kepemimpinan sangat penting bagi tiap diri individu, minimal bagi dirinya sendiri. Seorang dengan leadership yang baik pasti akan memiliki sifat disiplin, profesional, dan lain-lain. Hal itu dapat kita pelajari saat berorganisasi. Saat mengadakan sebuah event tertentu kita akan mendapat kesempatan untuk menjadi Ketua panitia, Ketua Bidang, dan berbagai posisi lainnya. Saat itulah kita dituntut untuk menjadi leader mengepalai sebuah tim agar dapat menjalankan tugas dengan baik.

3. Belajar manajemen waktu

Sebagai anggota organisasi pastinya kita akan memiliki kegiatan yang lebih banyak dibanding orang yang tak punya kegiatan organisasi. Tugas organisasi juga harus dituntaskan. Anggapan bahwa organisasi akan mengganggu sekolah atau lainnya, tidak sepenuhnya benar. Justru dengan kondisi seperti ini kita diajarkan untuk disiplin pada diri sendiri, untuk mengatur waktu dengan baik agar setiap kegiatan dapat berjalan dengan seimbang.

4. Mengembangkan minat dan bakat

Salah satu hal yang penting dalam berorganisasi yaitu organisasi yang cocok dengan minat kita. Dengan memilih organisasi yang cocok dengan minat, kita akan melakukan segala kegiatannya dengan perasaan yang riang dan tanpa beban. Selain itu juga dapat dijadikan media pengembangan bakat kita.

Banyak hal lain yang akan kamu dapat saat berorganisasi seperti teamworking, problem solving, kemandirian, percaya diri, dan lain-lain. Hal-hal tersebut akan sulit kamu pelajari kalau hanya belajar di kelas. Belajar bisa di mana saja, termasuk di organisasi.

Previous Post Next Post