N3~Sebanyak 75.181 balita di Kota Padang akan mendapat vitamin A dari Pemerintah Kota Padang. Vitamin tersebut akan diberikan mulai 1-31 Agustus ini. 

"Pemberian vitamin A dilakukan dua kali dalam setahun pada bulan Februari dan pada Agustus ini," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani. 

Pemko Padang menargetkan, pada pemberian vitamin A itu sebanyak 95 persen bayi dan balita akan mendapatkannya. 

Pemberian vitamin A kepada balita terbagi atas dua jenis berdasarkan kelompok umur yaitu bagi anak umur 6-11 bulan diberikan vitamin A berwarna biru. Pemberian vitamin A berwarna biru dengan umur 6-11 bulan berjumlah 10.226 anak.

"Sedangkan untuk kelompok umur 12-59 bulan diberikan vitamin A berwarna merah dengan jumlah anak sebanyak 64.955 balita," papar Feri Mulyani.

Seperti diketahui, Vitamin A merupakan mikronutrien yang dibutuhkan oleh bayi dan balita untuk memperbaiki tumbuh kembang terutama bagi kesehatan mata sebagai indera penglihatan. Untuk mendapatkan vitamin A, para ibu dapat membawa anaknya ke puskesmas, posyandu, puskesmas pembantu (pustu) dan bidan-bidan praktek yang ada di daerahnya secara gratis.

Hingga pekan pertama Agustus, sebanyak 12.406 bayi dan balita yang mendapatkan vitamin A di Kota Padang atau sekitar 16,5 persen.

"Harapan kami para bayi dan balita di kota Padang ini semuanya bisa mendapatkan vitamin A, karena banyak manfaat yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi vitamin tersebut," tukas Feri Mulyani.(Charlie)
 
Top