Pemko Padang Akan Bangun Dreinase Atasi Banjir di Gunung Pangilun

N3~Sering kali banjir melanda kawasan kelurahan gunung Pangilun, khususnya jalan Gajah mada hingga jalan penjernihan III RW VII, Kecamatan Padang Utara, Pemko Padang berniat membangun drenaise serta pelebaran jalan dikawasan tersebut.

Hal ini dikemukan wakil walikota Padang Emzalmi, sewaktu meninjau lokasi sekaligus melakukan konsolidasi dengan beberapa pihak terkait, Senin (8/8) kemarin.

Seperti yang sama diketahu jika hujan sudah melanda kota Padang, kawasan ini pasti tergenang air dan mengakibatkan banjir. Dikawasan ini juga banyak pemukiman penduduk yang cukup padat serta beberapa sekolah dan kampus tempat perkuliahan, kata Emzalmi.

“Kawasan ini ketika hujan dengan curah yang cukup tinggi, sering menyebabkan genangan air bahkan banjir yang dikarenakan saluran drainase yang kurang memadai. Hal itu mengakibatkan, air hujan yang mengalir dari atas menjadi tidak tersalurkan dan tertumpuk ketika sampai di bawah,” terangnya.

Bukan hanya membuat drenaise, rencananya kawasan ini akan diperlebar sesuai dengan tata ruang kota. Menurut rencana lokasi pembangunan dimulai dari depan kampus Poltekes Kemenkes Prodi Kebidananan Gunung Pangilun.

“Maka itu kita berupaya, semoga tahun ini jalan disertai drainase tersebut bisa dibangun. Karena ini bagian dari program unggulan Pemko terkait pembangunan jalan-jalan betonisasi,” ujar Emzalmi yang pada kesempatan itu didampingi Sekcam Padang Utara, Nasdwi Yelli dan Lurah Gunung Pangilun, Andi Amir.

 “Untuk itu kali ini kita bertemu kepada pihak Poltekes, karena tanah ini aset negara perlu ada proses administrasinya. Alhamdulillah, pihak Poltekes menyetujui dan bersedia menggeser pagar kampus sesuai dengan planning yang ada. Sehingga setelah keluarnya surat pernyataan pelepasan hak tanah dari Poltekes, barulah Badan Pertanahan Negara (BPN) melakukan pengukuran, dan pembangunan jalan dapat kita laksanakan,” pungkas Emzalmi yang juga didampingi petugas dari Dinas TRTB-P dan Dinas PU, serta hadir tokoh masyarakat setempat. (mond)
Previous Post Next Post