Pemko Dan Disperindagtamben Undang Pelaku UMKM

N3~Upaya Pemerintah kota Padang yang terus menggenjot sector ekonomi kreatif kota Padang terus ditingkatkan, kali ini Pemko Padang dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) mengundang para pelaku usaha industri, perdagangan dan jasa mikro yang ada di 11 kecamatan untuk mengikuti kegiatan peningkatan motivasi bagi pelaku usaha yang berbasiskan inovatif dan ekonomi kreatif. Kegiatan yang bertempat pada salah hotel di Padang itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota, H. Emzalmi, pada Kamis (4/8) kemarin.

Dalam penyampaiannya Emzalmi mengatakan, pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan salah satu dari program yang diprioritaskan oleh pemko. Hal itu juga mengingat, pada 2016 ini Indonesia sudah memasuki pasar bebas Asia Tenggara atau disebut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sehingga itu menandakan, implementasi MEA akan mendorong masuknya investasi ke Indonesia baik dari dalam dan luar negara Asean.

Menurut Emzalmi, terkait faktor kunci dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Padang yaitu memberlakukan kota tersebut selain sebagai kota perdagangan, namun juga disingkronkan sebagai pusat pariwisata, budaya dan seni. “Jadi dalam mewujudkannya, kita telah melakukan upaya-upaya seperti penguatan lembaga pendidikan, memfasilitasi wirausaha pemula, penyediaan akses pembiayaan dan ketersediaan sarana infrastruktur, serta regulasi yang mendukung. Untuk itu, kreatifitas pelaku usaha menjadi faktor utama. Sehingga dengan itu dapat menciptakan sebuah gagasan baru dan keberanian berinovasi terhadap apa saja produk dan jasa yang ditawarkan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perindagtamben Kota Padang, Hendrizal Azhar menambahkan, ia dan  bersama SKPD terkait dan stake holder terus menggiatkan baik pelatihan, pembinaan dan penguatan terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM).

Hendrizal melanjutkan, kegiatan motivasi kali ini sebagai langkah awal dalam memotivasi pelaku usaha untuk bisa berinovatif dan memiliki kreatifitas yang berdaya saing. “Jadi di tangan pelaku usaha yang kreatif, cenderung mampu menghasilkan aneka bisnis yang lebih bernilai. Sehingga dengan terciptanya ekonomi kreatif dari para pelaku usaha atau bisnis, akan menjadi sektor yang menjanjikan terhadap perekonomian nasional serta menghasilkan nilai tambah bagi ekspor produk-produk Indonesia di pasar global nantinya,” uajr beliau mengakhiri. (mond)
Previous Post Next Post