N3~Direncanakan Pemko Padang akan melangsungkan latihan bersama (Latma) di kegiatan berskala internasional Pacific Partnership yang akan dilangsungkan pada tanggal 22, Agustus mendatang.

“Kegiatan ini untuk kita semua, kita harapkan masyarakat juga membantu kegiatan tersebut agar sukses,” ujar H. Mahyeldi Dt Marajo menerima Komandan Pangkalan TNI AL Dumai, Letkol Laut (K/W) drg Nora Lelyana di ruang kerjanya, Selasa (9/8) kemarin.

Pacific Partnership  merupakan salah satu program Unites States Indonesia Bilateral Defence (USIBDD) bidang Medical Warking Group yang menitik beratkan pada latihan kesehatan militer dalam penanggulangan bencana antara Pusat Kesehatan (Puskes) TNI dengan United States Pacific Fleet. Dalam Latma ini ada lima bidang materi latihan yang akan dilaksanakan antara lain Engeering Civic Action Project (ENCAP), Medical Civic Action Programme (MEDCAP), Medical Exercise (Ha/dr), Comomunity Relationship, serta Woman Peace Security (WPS).

Padang ditunjuk sebagai tuanrumah kegiatan ini, dan ini sangat diapresiasi Walikota Padang Mahyeldi. Mahyeldi menegaskan bahwa ditunjuknya kota Padang sebagai tuarumah tidak lepas dari andil Armabar dan Kasal.
“Terimakasih kepada Armabar dan Kasal yang kembali menunjuk Padang menggelar kegiatan internasional,” ungkap Mahyeldi didampingi Sekdako Nasir Ahmad serta Asisten III Corri Saidan. 

Sebenarnya rangkaian kegiatan Pacific Partnership telah berlangsung sejka 10 Juli 2016 silam dan berakhir pada 31 Agustus 2016 mendatang. Dalam pergelaran kali ini diikuti tujuh negara, seperti Australia, Amerika Serikat, New Zealan, Jepang, Korea Selatan, Kanada, serta Indonesia. 

“Mudah-mudahan esok, Kamis (10/8) hari ini, kita meninjau lokasi kegiatan ini seperti Pasir Jambak dan lainnya,” terang walikota. 

Seperti diketahui, lima bidang materi yang dilaksanakan pada Pacific Partnership itu seperti Engeering Civic Action Project (ENCAP), yaitu pembangunan jalur evakuasi sepanjang 350 meter di Pasir Jambak, pembangunan ruang serbaguna 7 m x 15 m di Padang Sarai dan pembangunan 4 buah toilet umum di Sungai Pinang. 

Sementara, Medical Civic Action Programme (MEDCAP) yaitu pelatihan kesehatan dalam kesiapsiagaan bencana, seminar kedokteran gigi, pengobatan massal, ceramah kesehatan di beberapa sekolah dasar, sanitasi air, penanganan rabies, inseminasi ternak dan penyakit ternak. Sedangkan Medical Exercise (Ha/dr) berupa latihan kesiapsiagaan bencana aspek kesehatan. 

Kegiatan Comomunity Relationship berupa open ship di USNS Mercy, Sport, Cultural Party, dan bersih pantai. Serta, Woman Peace Security (WPS) yaitu seminar international yang melibatkan dari berbagai organisasi wanita di Padang.(mond/taf)
 
Top