N3~Museum Adityawarman provinsi Sumatera Barat menggelar “Pameran kerajaan-kerajaan Minang Kabau dalam lintas zaman,” Selasa (9/8) pagi ini.

Dalam pagelaran pameran kali ini, museum Adytiawarman akan menampilkan berbagai benda dari peninggalan kerajaan Minangkabau dari waktu ke waktu. Barang peninggalan yang akan ditampilkan nanti berupa keris, tongkat, ranji, pakaian dan segala benda pusaka peninggalan kerajaan Minangkabau pada zaman dahulu.

Selain benda bersejarah dari peninggalan kerajaan Minangkabau, benda peninggalan dari kerajaan luar minang juga akan ditampilkan. Diantara lain museum Aditywarman akan menampilkan peninggalan sejarah dari kerajaan Majapahit dan Kesultanan Demak, seperti kata Kepala UPT Museum Adytiawarman Sumbar, Noviyanty kala dijumpai www.nusantarannews.net, Selasa (9/8) pagi tadi.

“Digelarnya pameran ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal seni dan budaya yang diwariskan leluruh, dengan sendirinya pagelaran ini dapat membangkitkan rasa cinta terhadap seni dan budaya yang telah diwariskan sejak zaman dahulu,” tukas Novy.

Bukan hanya menampilkan koleksi benda bersejarah saja, museum Adityawarman juga akanmenampilkan acara atraksi budaya serta mengadakan diskusi. Selain itu Museum Kebangkitan Nasional juga ikut berpartisipasi dalam kegitan kali ini, ini memnandakan Museum kebangkitan Nasional mensupport kegiatan yang diadakan di Museum, kata Novy.

Novy menghibau masyarakat Sumbar untuk datang ke Museum yang berlokasi di jalan Diponegoro Padang, menyaksikan rangkaian kegiatan acara mulai dari pagelaran benda peningglan Kerajaan Minangkabau hingga atraksi budaya, pungkasnya. (Mond)
 
Top