N3~Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) didampingi Dansatgas Latma Pacific Partnership ke-4 tahun 2016 Kolonel Laut (K/W) drg. Nora Lelyana, MH.Kes,  datang dan melihat dari dekat pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) Pacific Partnership  ke-4 tahun 2016 di  Kapal Rumah Sakit Amerika/ United States Naval Ship (USNS) "Mercy" yang bersandar di perairan Bungus Padang, Sumatera Barat, Sabtu (20/8/16).

Dalam kunjungan tersebut Kapuskes TNI  beserta rombongan diterima langsung oleh Captain Navy Tom William selaku Mission Commander dan Captain Navy Peter Roberts as Commanding Officer Medical Treatment Facility di Mess Deck USNS Mercy.

Disampaikannya dihadapan para peserta Symposium HA/DR Pacific Partnership 2016 First Responder, ia mengatakan bahwa atas nama negara Indonesia khususnya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengucapkan terimakasih atas kunjungan keakraban Kapal USNS Mercy dibawah pimpinan Captain Navy Tom William ke Indonesia dalam program Pacific Partnership 2016 kali ini.

"Kedatangan kali ini merupakan symbol keakraban hubungan yang sangat erat antara Indonesia dan Amerika, walaupun kegiatan Pacific Partnership 2016 dimana sebelumnya USNS Mercy telah mengunjungi Timor Leste, Philipina, Vietnam, Malaysia dan terakhir Indonesia," ujar Kapuskes TNI.

Menurut, Ben Yura Rimba, MARS, banyak sekali program-program Layanan Kesehatan Operasi Bedah/ Medical Civic Action Program (Med Cap) dan Engineering Civic Action Program (Encap) dalam bidang konstruksi fasilitas kesehatan maupun pelatihan dan seminar dalam rangka penguatan kapabilitas penanganan penanggulangan bencana.

Kapuskes TNI juga menuturkan bahwa dalam dunia yang semakin menyempit, mengecil dan menyatu karena adanya perkembangan komunikasi, internet dan sebagainya. "Hubungan internasional sangat penting, sebab dengan persahabatan kita bisa saling mengenal sesama budaya bangsa, permasalahan yang besar bisa kita kecilkan dan permasalahan kecil bisa kita hilangkan, sehingga tidak ada permasalahan dan tentunya kita berteman semakin baik," ujarnya menambahkan.

Mengakhiri sambutannya Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS mengharapkan kepada peserta dari Indonesia, tunjukkan bahwa kita adalah peserta dan tuan rumah yang bermartabat dan tahu pergaulan internasional. "Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk bertukar pengalaman dan untuk mendapatkan hal-hal yang baik dari Latma Pacific Partnership 2016 ini," pungkasnya. (mond)
 
Top