N3, Sumbar ~ Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka secara resmi Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ke-XV yang dilaksanakan di Inna Muara Hotel, Kota Padang.

Selain Gubernur, turut hadir Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr.H.M. Subuh, MPPM, Ketua Umum PERDOSKI Laksamana Syarief Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sumbar Rosnini Safitri, Rektor Unand Tafdil Husni, serta para narasumber.

Dalam sambutannya Irwan Prayitno mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor kunci dalam pembangunan negara dan bangsa. SDM yang diharapkan adalah SDM mampu bersaing dalam percaturan global dalam kualitas dan keterampilan standar dunia kerja.

“Beberapa penyakit kulit juga masih ditemui di Indonesia termasuk Sumatera Barat diantaranya adalah penyakit kusta antara lain di Kab. Pariaman dan Kota Pariaman, dan sebagian besar penderitanya adalah dari golongan ekonomi rendah. Perlu di pahami, bahwa sejak tahun 2015 merupakan era kompetitif tantangan kedepan bagi dokter di Indonesia harus dapat mempersiapkan diri menyongsong Era Globalisasi aspek kesehatan dan kedokteran yang tidak dapat dihindari oleh semua negara termasuk Indonesia.” Jelas Irwan Prayitno.

Gubernur juga mengatakan, “untuk itu, dengan dilaksanakannya PIT PERDOSKI ini sebagai ajang memutakhirkan ilmu dan tekhnologi dalam bidang kedokteran khususnya kulit dan kelamin yang diselenggarakan setiap 1 tahun sekali dan diharapkan pertemuan ilimiah ini menjadi sarana bertukar informasi serta perkembangan terkini dibidang kulit dan kelamin, baik skala nasional maupun internasional.”

Selanjutnya, Ketua Umum PP PERDOSKI Laksamana Syarief hidayat mengatakan,” Kami mengambil tema kali ini yaitu, “Pediatric and Adolecent Dermato-Venereology Update”. Jadi kegiatan kongres kali ini terfokus pada penyakit kulit dan kelamin terhadap anak dan remaja. Karena bagaimanapun generasi dimasa yang akan datang itu harus dipersiapkan dari sekarang, itulah dia anak-anak dan remaja kita. Bagaimana kita bisa mempersiapkan anak bangsa ini khususnya di kesehatan bidang kulit dan kelamin, karena pada diagnosis dan penatalaksanaannya berbeda pada orang dewasa. Kondisi masyarakat di Indonesia saat ini, 10 dari penyakit terbesar di Indonesia adalah penyakit yang disebabkan oleh Infeksi, termasuk alergi juga. PERDOSKI secara aktif melakukan penyuluhan-penyuluhan terutama pada kaum anak dan remaja  guna mencegah penyakit kulit dan kelamin ini.” Jelas Laksamana Syarief Hidayat.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Seluruh wilayah Indonesia, dilaksanakan setiap tahun dan akan berbeda-beda tempat pelaksananaan setiap tahunnya. Untuk tahun ini Sumatera Barat dipercaya menjadi tuan rumah dari pelaksanaan PIT PERDOSKI kali ini.
 
Top