Apakah Ukuran Tubuh Menjadi Masalah Serius ???

N3~Utamanya bagi kebanyakan perempuan, masalah ukuran tubuh dianggap maslah pelik. Tak jarang mereka mempermasalahkan bobot tubuh, panjang tungkai, maupun ukuran payudara.

Faktanya kini para ilmuwan menemukan bukti bahwa kini ketidakpuasan perempuan terhadap tubuhnya makin menurun. Fakta yang merupakan hasil penelitian ini disampaikan di konvensi tahunan The American Psychological Association ke-124, di Denver, AS, baru-baru ini.

Dalam kurun tiga decade para ilmuan mengambil data, dalam kurun 1981 hingga 2011, dan melakukan penelitian terhadap lebih dari 100 ribu pria dan wanita. Hasilnya, mereka menemukan fakta bahwa ketidakpuasan wanita pada tubuhnya sendiri menurun 3,3 poin.

Melansir Time, Bryan Karazsia, salah satu peneliti dari The College of Wooster mengatakan meskipun angka itu terlihat kecil, namun penurunan tersebut amatlah 'penting.'

Para peneliti masih belum mengetahui secara persis penyebab berubahnya tren ketidakpuasan perempuan terhadap tubuh. Namun belakangan ini, beberapa teori mengemuka, seperti ukuran manusia yang semakin bongsor, dan salah satu penyebabnya adalah obesitas.

"Karena orang-orang makin besar dan melihat di sekitar mereka, sehingga bagi yang memiliki tubuh besar merasa normal dan makin kurang peduli dengan ukuran tubuh," kata Karaszsia.

"Media dan iklan juga berpengaruh, makin banyak potret yang menggambarkan keragaman ukuran tubuh. Saya pikir orang makin kritis akan potret tubuh ekstrem yang mereka lihat dan media merangkul ide keragaman bentuk tubuh tersebut," lanjutnya.

Menurut Karaszia, penurunan tren ini dapat berarti kehilangan minat perempuan untuk memiliki tubuh langsing walaupun peneliti tidak menemukan indikasi khusus mengenai hal tersebut.

Ia juga menganggap bahwa penemuan ini adalah sebuah kabar yang baik dan dapat mencegah para remaja putri lebih bangga akan tubuh yang mereka miliki.

Tak hanya kalangan awam, 'ketidakpedulian' terhadap ukuran tubuh juga melanda ranah fesyen.

“Jagat fesyen kini lebih terbuka dibandingkan dulu,” kata  Rosie Vogel-Eades dari Vogue. Terbuka dalam konteks penerimaan usia, serta bentuk dan ukuran tubuh.

Maka tidak heran jika model veteran, dari Cindy Crawford sampai Helena Christensen, tetap laris manis. (Amoree)
Previous Post Next Post