N3, Padang ~ Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi, Minggu (12/6) dini hari membuka pelaksanaan “Pesantren Ramadhan” 1437 H/ 2016 M di Masjid Maryam Kelurahan Ranah Parak Rumbio Kecamatan Padang Selatan. Program keagamaan bagi pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sederajat ini berlangsung dari 12-28 Juni, dilaksanakan pada 1.150 masjid dan mushalla dengan jumlah peserta 140 ribu santri di Kota Padang.

Emzalmi menjelaskan, pelaksanaan Pesantren Ramadhan pada 1437 Hijriah merupakan pelaksanaan di tahun ke 13. Cukup banyak pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan ini, seperti pembinaan akhlak, peningkatan keimanan, ilmu pengetahuan dan membentuk karakter yang baik bagi generasi muda. Sehingga dengan itu pengaruh - pengaruh negatif akan terhindar dan terjauh di kalangan mereka.

“Melalui pesantren Ramadhan kita harapkan terbentuknya prilaku generasi penerus yang berakhlakuk karimah. Kemudian senantiasa terhindar dari kasus kenakalan remaja, narkoba, minum miras, pergaulan bebas dan hal merugikan lainnya,” ujar Wawako.

Wawako juga menekankan, dalam pelaksanaan Pesantren Ramadhan memerlukan adanya dukungan penuh dari guru, instruktur, pengurus masjid serta orangtua di rumah.

“Untuk itu, mari kita saling bersinergi, Insya Allah Pesantren Ramadhan di tahun ini lebih meningkat kualitasnya. Karena ini momen meningkatkan keimanan dan ketakwaan sekaligus membentuk karakter anak didik yang berakhlak baik,” pungkas Wawako sembari membuka Pesantren Ramadhan.

Setelah membuka Pesantren Ramadhan, Wawako yang didampingi Camat Padang Selatan, Fuji Astomi melanjutkan melakukan pemasangan kokarde tanda peserta secara simbolis, menandai dimulainya program pendidikan keagamaan di setiap bulan suci tersebut. (David)
 
Top