N3, Tanahdatar ~ Safari Ramadhan Sekda Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar ke Masjid Abrar, Nagari Sumpur Kecamatan Batipuah Selatan Kabupaten Tanah Datar. Rombongan Tim Safari Ramadhan Sekda Provinsi Sumatera Barat dihadiri oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Barat Alwis, Kepala Biro Umum Setda Provinsi Sumatera Barat Asben Hendri, Sekretaris DP Korpri Sumatera Barat Eko Paisal, Kepala UPTD Perkebunan Sumatera Barat, Inspektorat Provinsi Sumatera Barat serta Biro Binsos dan Biro Humas Setda Provinsi Sumatera Barat.

Turut Hadir Sekda Kabupaten Tanah Datar Hardiman, beserta Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dishubkominfo, Kepala Koperindak, dan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Tim Safari Ramadhan berbuka bersama di Rumah Gadang Siti Fatimah, Kampung Minang Nagari Sumpur yang diresmikan oleh Wakil Gubernur Sumbar beberapa bulan yang lalu.

Pengurus Masjid Abrar Fahriman mengatakan kami membutuhkan bantuan  untuk merehab tempat berwuduk dan wc masjid yang sudah tidak layak,  selain itu kondisi jalan yang sangat sempit mengingat nagari yang merupakan kampung minang kami berharap ada bantuan untuk pelebaran jalan.

Sekda Kabupaten Tanah Datar Hardiman Nagari Sumpu merupakan nagari yang memiliki potensi pariwisata, yakni wisata rumah gadang, wisata danau singkarak, serta perkembangan ikan bilih. Rumah gadang yang terbaik dan terbanyak di Kabupaten Tanah Datar ada di Nagari Sumpur. Dengan adanya potensi ini kami berharap dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain itu Sekda Kabupaten Tanah Datar melaporka  bahwa Nagati Sumpu memiliki potensi buah saus terbanyak di Kabupaten Tanah Datar. Namun kendala saat ini dalam pemasaran saus dan pengemasan serta pengelolaan dan pemasaran belu  teratur dengan baik sehingga kurang mampu meningkatkan daya saing.

Hardiman mengatakan Kedepan wisatawan jangan hanya sampai istana pagaruyuang, namun mesti singgah ke danau singkarak, oleh sebab itu perlu kita kembangkan wisata danau singkarak dan pelestaria  ikan bilih mesti dibudidayakan,  karena ikan bilih merupakan potensi ekonomi masyarakat.

Sekda Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar mengatakan tujuan kedatangan kita adalah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat selain itu, kami akan memberikan bantuan 20 juta yang akan dikirim lewat rekening Masjid dan memberikan bantuan 3 gulung tikar.

Pesan yang disampaikan Sekda Provinsi Sumatera Barat adalah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memiliki program unggulan yakni di bidang pariwisata, bagi  daerah yang telah siap untuk mengembangkan pariwisatanya kami pemerintah provinsi nantinya akan membantu.

Di Kabupaten Tanah Datar dengan adanya potensi pariwisata danau singkarak dan potensi wisata rumah gadang serta kuliner, tentu dapat menjadi daya tarik tersendiri, ucap Ali Asmar

Selain itu Sekda Provinsi Sumatera Barat berpesan agar pemerintah kabupaten tanah datar untuk menjaga kelestarian danau singkarak karena ini merupakan aset daerah.

"Selamatkan potensi nya, baik itu sumber daya ikan bilih. Ikan bilih merupakan ikan langka jangan menangkap dengan bom karna dapat merusak ekosistem ikan bilih", ucap Ali Asmar.

Pesan yang disampaikan Ali Asmar berikutnya adalah Perlu selalu dijawa dan diawasi para gerasi muda kita agar tidak terjerumus Dalam bahaya pergaulan bebas, baik itu narkoba maupun penyakit masyarakat lainnya. Untuk itu peran orang tua dan keluarga sangatlah diharapkan.

Terakhir Sekdaprov menghimbau menyambut datangnya hari raya idul fitri diharapkan masyarakat tidak berlebihan dan melakukan pemborosan, apalagi ada melakukan kegiatan mabuk-mabukan untuk menyambut lebaran, tentu itu sangat tidak bermanfaat dan bertentangan dengan Agama. Aldo
 
Top