Rekam Jejak Suprapto Kadis Prasjaltarkim Sumbar

Penulis : M. Kurniawan, SH

JATI diri dan kepribadian yang baik dan kuat sebagai seorang pemimpin sangat melekat pada sosok paruh baya ini. Apalagi kelugasan dan pola pikirnya yang produktif dalam menghadapi setiap persoalan, diwujudkannya melalui kinerja yang tinggi dengan membuat gebrakan-gebrakan  yang dapat memperlancar pembangunan infrastruktur di Provinsi Sumatera Barat.

Banyak pihak menilai dan meragukan kepercayaan yang diberikan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno kepada Ir. Suprapto, M.Si ketika dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Prasarana Jalan, Jembatan dan Tata Ruang Permukiman Provinsi Sumatera Barat kepada dirinya. Karena masyarakat menganggap ia bukanlah orang Sumatera Barat, yang tentu tidak peduli terhadap pembangunan di Sumatera Barat.

Namun selama kepemimpinannya lebih kurang lima tahun menjadi "top leader", keraguan ini terjawab sudah, manajemen dan disiplin serta keakraban terhadap jajaran berbuah dengan implementasi hasil kerja yang baik dan dipersebahkannya bagi masyarakat Sumatera Barat. Seperti pemeliharaan dan peningkatan kapasitas jalan, pengembangan jaringan jalan baru, pengembangan perumahan rakyat, penataan bangunan dan lingkungan, serta pembangunan infrastruktur permukiman, dan Pembangunan megah Masjid Raya Provinsi Sumatera Barat, dapat terealisasi sepenuhnya.

Walaupun banyak hal positif yang telah dilakukan, sebagai makhluk ciptaan Tuhan, sudah tentu ia tidak akan dapat menutupi kekurangan yang ada pada dirinya. Karena rintangan dan cobaan pasti akan mendera sebagai ujian dan tantangan dalam menjalani hidup.

Seperti kejadian kemarin malam, ia dihadapi persoalan pelik tersangkut proses hukum atas dugaan penyalahgunaan wewenang sebagai kepala dinas. Dan besar kemungkinan, Ia tidak akan memimpin Dinas Prasarana Jalan, Jembatan dan Tata Ruang Permukiman Provinsi Sumatera Barat lagi.

Oleh karenanya kita sebagai masyarakat pada umumnya, tentu tidak akan menghambat proses hukum yang berjalan, sebab tantangan pemerataan pembangunan infrastruktur Sumatera Barat lebih besar lagi. Maka dari itu, sangat dibutuhkan kepiawaian tangan dingin dan kepemimpinan sosok seperti dirinya yang mampu memberikan dan mewujudkan program jangka panjang pembangunan infrastruktur fenomenal bagi Provinsi Sumatera Barat kedepan. **
Previous Post Next Post