N3, Sumbar ~ Proses pemilihan rektor Universitas Negeri Padang, berujung kemenangan bagi Prof. Ganefri, M.T. Ph.D terpilih menjadi rektor UNP periode 2016-2020 mengalahkan dua pesaingnya.

Pada pemilihan calon rektor yang dilaksanakan secara tertutup di Ruang Sidang Senat Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (16/6), Prof. Drs. Ganefri, M.T., Ph.D terpilih menjadi rektor UNP periode 2016-2020. Pemilihan calon rektor ini dilakukan oleh senat universitas bersama dengan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Intan Ahmad, Ph.D.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. mengatakan bahwa total suara pada pemilihan calon rektor ini adalah 126 suara dengan rincian 82 suara dari Senat Universitas dan 44 suara dari menteri. Hal ini sesuai dengan persentase hak suara, yakni menteri memiliki 35% hak suara dari total pemilih dan Senat Universitas 65% hak suara dari total pemilih.

Pada pemilihan tingkat senat dan menteri, Genefri memperoleh suara terbanyak yaitu 63 suara. Sedangkan lawannya Yanuar Kiram meraih 44 suara dan Syamsul Amar 23 suara. Pemilihan tingkat senat merupakan pemilihan terakhir setelah beberapa tahapan pemilihan. Mulai dari penjaringan, penyaringan dan terakhir pemilihan.

Setelah dinyatakan menang dan terpilih sebagai rektor UNP yang baru, Genefri rencananya akan dilantik setelah masa jabatan rektor lama berakhir tanggal 20 Juli mendatang. “Masa jabatan rektor lama berakhir 20 Juli, mungkin pelantikannya setelah itu,” pungkas M.Zaim.

Profesor Genefri merupakan mantan Dekan Fakultas Teknik UNP dan juga menjabat sebagai Ketua Kopertis Wilayah X periode 2014 – 2018. Wan Rambo
 
Top