N3, Sumbar ~ Wakil Gubernur Sumatera Barat menyatakan  Persiapan Tour de Singkarak (TdS) 2016 sudah mencapai 60 Persen dan untuk persiapan penyelenggaraan pihak Provinsi sudah mengadakan pertemuan dengan Kementerian Pariwisata serta Kabupaten/Kota.

"Pemerintah provinsi telah menyiapkan dana untuk penyelenggaran ajang TdS 2016 ditambah dana dari 18 Pemerintah Kabupaten dan Kota yang wilayahnya dilalui rute lomba" kata Nasrul Abit usai pelaksanaan Safari Ramadhan di Mesjid Taqwa Muhammadiyah Pasar Inpres Tapus Kenagarian Padang Kelugur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman.

Namun, Nasrul Abit mengaku belum mendapat laporan dari Dinas Pariwisata Sumatera Barat berapa anggaran yang akan dikucurkan untuk perhelatan bertaraf  internasional ini.

Lanjut, Wakil Gubernur meyakini persiapaan akan rampung menjelang batas waktu yang telah ditetapkan yakni akhir Juli ini. Jalan lintas Padang-Solok Selatan menjadi salah satu masalah dari 18 etape kabupateb/kota yang akan dilewati pesepeda natinya. Kondisi jalan yang rusak parah akan sulit dilalui. Untuk itu, perbaikan harus segera dilakukan.

“kita minta kepada dinas PU sudah siap, jika tidak, Solsel tidak akan diikutsertakan,” Sebutnya.

Dari perencanaan awal, kata Wagup, untuk star pertama dan pembukaan akan dilaksanakan di Kabupaten Solok (danau singkarak) dan finis di Monument Merpati Kota Padang, di jadwalkanakan dari tanggal 6 hingga 14 Agustus.

Menurut Wagub Tds  akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Sumbar, karena iven balap sepeda satu tahun sekali di Ranah Minang ini memiliki multyplier effect yang besar bagi sektor-sektor lainnya. Seperti sektor pariwisata, ekonomi-perdagangan, perhotelan, transportasi, kuliner, dan advertising, serta media massa. Fadhli
 
Top