N3, Sumbar ~ Revolusi mental yang dicanangkan Presiden Jokowi mesti didukung dengan pembentukan karakter dari usia dini. Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meminta dalam membangun karakter dasar generasi penerus bangsa, dibutuhkan perhatian yang lebih serius dari pengelola PAUD.
 
"Kita sekarang sama tau Presiden Jokowi menyatakan revolusi mental. Itu harus dimulai dari pendidikan dari usia dini. Dari PAUD inilah upaya membangun generasi bangsa yang berkaraketer itu dimulai," sebut Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dalam sambutannya, pada temu ramah Bunda PAUD se Sumbar  dalam rangka sosialisasi peran dan fungsi Bunda PAUD di Sumbar.
 
Ia menyebutkan, orangtua juga bertanggung dalam melakukan pendidikan dasar  terhadap anak. Sebab ini membantu pendidikan dasar yang mereka dapat di PAUD, TK, Play Group, TPA dan SPS yang tersebar di 19 kabupaten/kota.
 
"Ada 6.234 lembaga PAUD yang ada di Sumbar,  tapi hanya  0,5 persen yang berstatus negeri.  Diharapkan dengan kewenangan PAUD yang ada di kabupaten/kota, Bunda PAUD yang merupakan istri kepala daerah ini  dapat memberikan masukan buat bupati/walikota agar memperjuangkan PAUD yang berpotensi dapat bersatus negeri agar perhatiannya lebih maksimal," jelasnya.SLTB tanggung jawab provinsi.
 
Bunda PAUD Provinsi Sumbar, Ny, Nevi Irwan Prayitno mengatakan, Bunda PAUD harus dapat memberikan motivasi  kepada masyarakat, dan pemangku kepentingan di dalam mengembangkan mutu pendidikan PAUD di daerah masing-masing.
 
"Sekarang dikukuhkan Bunda PAUD kabupaten/kota di Sumbar. Untuk kemajuan masyarakat, perlu dilakukan langkah kerja bagi para Bunda PAUD kabupaten/kota dan kecamatan, diharapkan nanti dapat dikukuhkan pula Bunda PAUD nagari/kelurahan dan jorongnya," ungkapnya.
 
Ny.Nevi Irwan Prayitno mengharapkan, setelah dilakukan pengukuhan, Bunda PAUD kabupaten/kota dalam melakukan pembinaan dan mendorong organisasi mitra PAUD seperti Himpaudi, Forum PAUD, IGTKI dan GOPTKI yang ada diwilayah masing-masing dapat memajukan organisasi dan lembaga PAUD yang ada. Zrd
 
Top