N3, Padang -- Dalam Kunjungan yang dilakukan ke Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta beberapa waktu lalu, dari Informasi dan penyampaian dari Kementerian Lingkungan Hidup di ketahui bahwa untuk pengolahan sampah di Surabaya dan Kendari diserahkan kepada pihak ke tiga dan itu sudah sukses dan berhasil diterapkan. Hal itu disampaikan Anggota Komisi I DPRD Kota Padang Yuhilda Darwis.

Dijelaskan dengan demikian untuk seluruh biaya operasional tidak ada lagi pemerintah daerah setempat mengeluarkan anggaran dari APBD. Namun sebaliknya pemerintah daerah setempat mendapatkan kontribusi dari pihak ke tiga,"jelas Ketua Fraksi PPP tersebut.

Kemudian dari pihak pengelola atau pihak ketiga juga mempunyai inovasi yakni menciptaan daya listrik dari sampah Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS) yang nantinya mereka akan melakukan kerjasama dengan PLN setempat untuk mensuply Tenaga Listrik.

Menurutnya jika hal ini bisa kita terapkan di Kota Padang terkait pengelolaan sampah di kelola pihak ketiga, tentu anggaran yang di gelontorkan untuk kebersihan sebesar Rp 4 milliar pertahunnya di Kota Padang, bisa di alokasikan untuk keperluan mendesak lainnya.Kemudian pemerintah daerah mendapatkan pendapatan dari pihak ketiga yang bisa menambah PAD," terangnya.

Dalam kunjungan itu rombongan disambut oleh Ibu Haruki , Bagian Kajian Penanggulangan Sampah dan Limbah dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Kunjungan di ikuti oleh Ketua Komisi III Bidang Oembangunan dan Lingkungan Hidup Helmi Moesim, dari Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan Yuhilda Darwis serta dari Komisi IV bidang Kesejahteraan Masyarakat Fakhri Bahar.(M7)
 
Top