N3, Agam ~ Kenakalan Remaja, Narkoba sangat tinggi di Sumatera Barat. Pencandu narkoba tahun 2015 itu sudah cukup tinggi, meski sedikit menurun jika dibandingkan dengan tahun 2014, mencapai 65.300 orang. terdiri dari kelompok pekerja (22.724 orang), pelajar dan mahasiswa (20.906 orang) dan kelompok tidak bekerja (22.174 orang), data ini hasil penelitian Universitas Indonesia dan BNN.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit ketika memberikan sambutan kunjungan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Hikmah Padang Koto Batung, Jorong Lubuak Alung Nagari Bawan Kecamatan IV Nagari Agam, Kamis malam (23/6). Hadir dalam rombongan Asisten Pembangunan Drs. Syafruddin, Kadis Pariwisata Drs. Busharman Bur, MM, Kadis Perikanan Ir. Yosmeri, Ka. DPKD diwakil Drs.Rafdiamon.MSi, Wakil Bupati Agam, serta beberapa perangkat kecamatan dilingkungan Pemkab Agam.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan, kita amat prihatin dan sedih di tanah Adat Basandi syarak, Syarak Bansandi Kitabullah, nagari yang beradat dan  berbudaya ini. Kita memang tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, akan tetapi sudah saat kita bersama-sama memiliki tanggungjawab mengawasi anak-anak kita, kemenakanan kita serta cucu kita untuk tehindar dari pengaruh narkoba dan kenakalan.

Globalisasi informasi telah memberi dampak dan pengaruh disisi yang negatif, kita menyikapi dan merespon lebih cepat agar tidak berlarut-larut yang tentunya nanti akan membawa kehancuran negeri ini. Penangganan narkoba tidak cukup dengan aparat saja, butuh semangat, kerjasama secara bersama-sama, para ninik mamak, tokoh masyarakat, bundo kanduang, generasi muda menuntaskannya, ujarnya.

Nasrul Abit juga menyampaikan, pelaksanaan Visi pembangunan Sumatera Barat 2016-2021 adalah Mewujudkan Sumatera Barat Madani dan Sejahtera. Mewujudkan masyarakat madani merupakan masyarakat yang cerdas, sehat, bermoral, berkarakter, sopan santun, berdedikasi, mandiri dan agamais.

Untuk mencapai semua itu butuh dukungan partisipasi masyarakat untuk ikut serta menyukseskan berbagai program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh berbagai dinas dan lembaga dilingkungan pemerintah provinsi Sumatera Barat.

Kunjungan Safari Ramadhan ini merupakan upaya membangunan silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat, dimana pada rutinitas sehari hari Gubernur dan Pejabat Publik lainnya sibuk tidak mempunyai kesempatan melayani masyarakat secara langsung. Berkah ramadan menjadi kesempatan dan kebaikan untuk membangunan silaturrahmi dengan baik pemerintah dan masyarakat, ungkapnya.

Wakil Bupati Agam Trifanda juga menyampaikan, kita senangan dan bangga atas kunjungan Bapak Gubernur ke Nagari Bawan. Dengan membawa bantuan dan perhatian. Kita juga senang bahwa program dan kegiata pembangunan Kabupaten Agam 2016-2021 sama dengan visi Sumatera Barat. Mudah-mudahan dalam lima tahun ini pelaksanaan  pembangunan kabupaten Agam, akan sejalan dan selaras dengan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Sumatera Barat. katanya

Dalam kesempatan itu Wagub Nasrul Abit menyerahkan bantuan tikar sholat sebanyak 3 buah dan uang sebesar Rp. 20 juta rupiah, yang diterima secara langsung oleh pengurus masjid Nurul Hikmah.
 
Top