N3, Padang ~ Puluhan anggota TNI dan Polri mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Markas Detasemen Polisi Militer (Denpom) 1/4 Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dalam rangka menyambut hari lahir Al Quran atau Nuzulul Quran sekaligus guna mewujudkan prajurit TNI dan Polri yang Qur'ani.

"Ada 20 peserta TNI dan Polri yang mengikuti lomba MTQ ini," kata Komandan Denpom 1/4 Padang, Letnan Kolonel CPM Didik Hariyadi di Padang, Jumat (24/6), Malam.

Ia menjelaskan sebelumnya peserta untuk lomba ini direncanakan ada 30 karena satu dan lain hal yang mengikuti lomba saat ini ada 20 peserta.

Acara diadakan selama dua hari yakni pembukaan Jumat (24/6) dan penutupan Sabtu (25/6) yang dilaksanakan setelah selesai Shalat Tarwih, masing-masing pada hari tersebut akan tampil 10 peserta yang dinilai oleh tiga orang juri dari Kementerian Agama Padang.

"Acara diadakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad) ke-70 sekaligus untuk memperingati Nuzulul Quran," sebutnya.

Lomba MTQ ini baru pertama kali dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT Pomad, sebelumnya lomba yang sering dilakukan yakni badminton, memancing, buru babi, sepak takrau, dan lain-lain.

Ia berharap semoga kedepannya bisa diselenggarakan di tingkat Sumbar karena Wali Kota Padang dan Komandan Resort Militer (Danrem) 032/Wirabraja sangat mendukung acara ini, terlihat pada saat acara berlangsung mereka memberikan tambahan hadiah bagi peserta yang akan menjadi juara.

Sementara itu Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah saat menghadiri pembukaan acara tersebut mengharapkan mudah-mudahan ini bisa menjadi penyemangat bagi banyak orang untuk lebih memperkaya dan menyemarakkan lagi suasana Nuzulul Quran pada bulan Ramadhan.

Selain itu, ia berharap agar nantinya bisa diselenggarakan pada tingkat Sumbar, baik itu untuk kalangan anak-anak maupun ibu-ibu TNI dan Polri.

Salah seorang peserta lomba dari Pangkalan Udara (Lanud) Padang, Sertu Jamalis mengatakan acaranya bagus karena ini bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk menjaga dan mempererat tali silaturahim antara TNI dan Polri.

"Semoga kedepannya bisa terus berlanjut dan lebih berkembang," tambahnya. Abe
 
Top