N3, Sebanyak 44 orang anggota Dewan di DPRD Padang dari 45 anggota dewan, melaksanakan kegiatan Bimtek SDM yang dilaksanakan pada 31 Mei hingga 4 Juni 2016 di Hotel Balairung Jakarta.

Bimtek kali ini mengusung tema "Pedoman dan Teknis Pertanggungjawaban APBD, Sosialisasi dan Implementasi Permendagri nomor 14 tahun 2016 Tentang Hibah dan Bansos, serta Character Building DPRD".

Ketua DPRD Kota Padang Erisman saat dihubungi dari Padang, mengatakan Bimtek SDM ini membahas pedoman dan teknis pertanggungjawaban APBD, sosialisasi dan implementasi Permendagri nomor 14 tahun 2016 tentang hibah dan bansos, serta character building DPRD.

Materi - materi yang diberikan dalam kegiatan itu di antaranya pedoman pertanggungjawaban APBD, audit BPK terhadap APBD, telaah Permendagri nomor 14 tahun 2016 tentang bantuan bansos dan hibah,"katanya saat dihubungi di Jakarta.

"Lanjutnya terdapat pula sub tema terkait character building DPRD dalam rangka menjaga fungsi kedewanan itu sendiri.Untuk kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Islam Assyafiiyah Jakarta berkoordinasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri," jelasnya. 

Dalam Bimtek tersebut terdapat beberapa pemateri di antaranya Hendiwan dan Rikie dari Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri serta Cipto Utomo sebagai motivator dari Wisata Hati Jakarta.

Ketua DPRD Padang tersebut menyampaikan Bimtek tersebut hendaknya mampu menambah ilmu para anggota dewan di DPRD Padang periode 2014 hingga 2019 dan mereka dapat mendalami setiap materi yang dipaparkan dalam Bintek SDM ini,"ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Padang Asrizal membenarkan kegiatan tersebut, kali ini mengikuti Bimtek membahas pedoman dan teknis pertanggungjawaban APBD, sosialisasi dan implementasi Permendagri nomor 14 tahun 2016 tentang hibah dan bansos, serta character building DPRD.

 Lanjutnya dalam kegiatan itu di antaranya pedoman pertanggungjawaban APBD, audit BPK terhadap APBD, telaah Permendagri nomor 14 tahun 2016 tentang bantuan bansos dan hibah.

Menurutnya kegiatan Bimtek ini sangat perlu diikuti seluruh anggota DPRD untuk mengetahui aturan-aturan baru soal penyusunan APBD. Apalagi, ada aturan-aturan baru yang perlu dipahami anggota dewan dalam menyusun APBD. “Makanya, Bimtek ini sangat perlu diikuti anggota dewan,” jelasnya.

Anggota DPRD Padang dari Komisi IV Jumadi mengatakan, kegiatan peningkatan SDM yang dilaksanakan ini telah sesuai dengan aturan yang ada. Sebagai anggota dewan, perlu memperjuangkan aspirasi masyarakat. Tentu harus sesuai aturannya agar dalam melaksanakan aturan tersebut tidak terjerembab ke ranah hukum nantinya.

Selain itu, agenda Bimtek bertujuan agar seluruh komponen yang ada di DPRD berkerja sesuai dengan Tupoksinya. Dengan kegiatan Bimtek tersebut diharapkan SDM para wakil rakyat menjadi lebih baik dalam menjalankan Tupoksinya dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah dan sebagai penyambung lidah rakyat,"ujarnya.

Dikatakan anggota DPRD Kota Padang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk meningkatkan pemahaman terhadap kedudukan, fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban sebagai anggota dewan. Bimtek tersebut penting mengingat para anggota dewan datang dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi yang berbeda,"tutupnya. **
 
Top