N3, Padang ~ Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah meminta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) agar selalu mengedepankan kerja tim. Sebab, kedua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ini merupakan "leading sektor" di lapangan terkait masalah bencana dan persoalan lalu lintas.

"Senantiasa kedua SKPD harus bisa bekerja sebagai tim di lapangan, karena yang dihadapi adalah bencana dan persoalan perparkiran dan lalu lintas," kata Walikota usai menjadi inspektur upacara serah terima jabatan Kepala Dishubkominfo dan Kepala BPBD-PK di Kantor Dishubkominfo Kota Padang, Mato Aia, Selasa (31/5).

Dalam kesempatan ini, Walikota juga menekankan persoalan perparkiran yang masih sering menjadi biang kemacetan di Kota Padang. Terlebih pada sisi sejumlah ruas jalan utama, acap dimanfaatkan pengendara untuk memarkir kendaraannya sehingga mengganggu lalu lintas umum.

Ironisnya, jalan yang sudah dibuat bagus untuk lalu lintas umum pada kenyataannya dimanfaatkan sejumlah pihak pengusaha cafe untuk lahan parkir. Jalan yang seharusnya dua jalur, kenyataannya dijadikan satu jalur searah sehingga akses jalan menyempit.

"Hal ini agar diperhatikan oleh Dishub, jangan sampai jalan yang diperuntukkan bagi umum malah dimanfaatkan untuk lahan parkir," tegasnya.

Lebih lanjut, Mahyeldi juga menyorot beberapa kawasan jalan yang dijadikan tempat mangkal truk-truk, seperti ruas jalan By Pass Lubuk Bagaluang dan Jalan Raya Indarung padahal Pemerintah Kota Padang sudah menyediakan terminal truk barang yang representatif di Koto Lalang.

Sayangnya, pemanfaatan terminal tersebut tidak maksimal karena Dishub dinilai kurang tegas dalam penataan parkir truk dan kurang perhatian terhadap pemaksimalan pemanfaatannya.

Begitu juga dengan penataan angkotan kota (angkot) di kawasan Pasar Raya, terminal yang sudah ada agar terus difungsikan untuk mengurai kemacetan dan sebagai pangkalan angkot di kawasan tersebut.

"Semua persoalan itu menjadi PR bagi Kepala Dishub yang baru untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Sedangkan kepada Kepala BPBD-PK yang baru ditekankan agar selalu memperkuat kerja tim dalam setiap penanganan bencana karena tugas BPBD-PK merupakan tugas kemanusiaan.

"Utamakan selalu kerja tim. Masing-masing personil harus bisa saling bersinergi dengan yang lainnya dalam tugas," sebutnya.
Seperti diketahui, kepala kedua SKPD tersebut bertukar tempat pada mutasi beberapa waktu lalu. Dedi Henidal yang sebelumnya Kepala BPBD-PK bertukar tempat dengan Kadishubkominfo Rudi Rinaldi.(DU)

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah memasangkan tanda jabatan kepada Kepala Dishukominfo Dedi Henidal dan Ka BPBD-PK Rudi Rinaldi pada acara serah terima jabatan di Kantor Dishubkominfo, Mato Aia, Selasa (31/5). Yurizal
 
Top