N3, Sawahluto ~ Meskipun telah berusia lanjut, namun puluhan lansia  yang menjadi   peserta lomba Brain Ambasador pada peringatan Hari Lansia Nasional ke-20 tingkat Sumbar yang diadakan di Kota Sawahlunto, Sabtu(28/5) malam, untuk tetap aktif, dan produktif dalam mengembangkan bakat dan hobinya diusianya yang telah lanjut tersebut.

“Sebagai bentuk penghargaan keberadaan kelompok lansia maka dilakukan berbagai kegiatan, salah satunya Brain Ambasador yang pesertanya para lansia. Mereka terlihat menunjukan kemampuan  untuk menampilkan yang menarik, tentunya sesuai dengan umur mereka. ini tentunya dapat memberi contoh bagi kita, walaupun mereka telah usia lanjut, namun tetap menjaga penampilan,” sebut, Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno pada saat pembukaan peringatan Hari Lanjut Usia Ke-20 dan pembukaan lomba Brain Ambasador Lansia Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2016, dilapangan Segitiga Ombilin, Kota Sawahlunto, Sabtu(28/5)

Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto beserta jajarannya yang mempunyai ide dan inovasi didalam melaksanakan peringatan hari lanjut usia tingkat Provinsi Sumbar. Padahal sebelumnya kegiatan ini hanya direncanakan untuk lingkup Kota Sawahlunto.

“Ini tentunya suatu penghargaan kepada para lansia  yang ada di daerah ini agar lebih sehat, aktif dan produktif.  Upaya yang dilakukan TP-PKK Kota Sawahlunto bersama jajarannya, perlu kita berikan apresiasi. Kita juga menyampaikan terimakasih kepada kabupaten/kota yang telah berpastisipasi mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Semoga tahun depan ini akan menjadi agenda tahunan bagi TP-PKK Provinsi Sumbar,” ujarnya.

Menurutnya, usia lanjut adalah keadaan yang pasti akan dialami semua orang yang dikarunia umur panjang. Pada usia lanjut akan terjadi berbagai kemunduran pada organ tubuh, namun tidak perlu berkecil hati, perlu untuk tetap optimis, ceria dan berusaha agar selalu sehat di usia lanjut. Walaupun usia sudah lanjut, tapi  harus tetap menjaga kesehatan. Sesuai dengan tema hari lansia tahun 2016 ini, yaitu lansia sehat, aktif dan produktif, dari tema tersebut tentunya  sangat diharapkan bagaimana diusia senja tersebut tetap sehat, aktif dan produktif.

“Untuk mewujudkannya tidaklah mudah, dibutuhkan pemahaman terhadap perilaku hidup sehat, aktif dan produktif dalam artian tetap menghasilkan suatu karya yang dinikmati diri sendiri  dan lingkungan sekitarnya, dan mandiri dalam berbagai hal,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, banyak  masyarakat  yang beranggapan bahwa sehat, tidak sakit secara fisik saja, namun  sehat sesungguhnya adalah suatu keadaan sejahtera jiwa dan raga serta sosialnya. Sebab karena itu, jika ingin terus menerus meningkatkan kesehatan harus menjalankan cara-cara hidup sehat, seperti makan makanan yang bergizi dan seimbang, minum air putih, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan dan sebagainya.

“Untuk mencapai hidup sehat khususnya diusia lansia bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus diperhatikan tetapi juga mental dan bathin yang seimbang, diantaranya dengan lebih mendekatkanm diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan menyerahkan diri sepenuhnya,agar fikiran menjadi tenang. Hindari stres karena itu dapat menyebabkan berbagai penyakit. Selalu tersenyum karena akan memperbaiki mental dan fisik secara alami. Sebab dengan tersenyum akan menjadikan hidup lebih ceria, bahagia dan sehat,” ungkapnya pada kegiatan yang dihadiri Walikota Sawahlunto, Wakil Ketua DPRD Sawahlunto, Wakil Walikota, Sekdako Sawahlunto, Kepala SKPD, Pengurus TP-PKK Sawahlunto.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto, Ny.Yenny Ali Yusuf menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi antar lanjut usia se kabupaten/kota di Sumbar, pengurus TP-PKK dan pemerintah Kota Sawahlunto. Kegiatan ini juga sebagai wadah pengembangan bakat dan hobi lanjut usia. kegiatan peringatan hari lansia ini mengusung tema lansia sehat, lansia aktif dan lansia produktif.

“Kegiatan festival lansia ini dilaksanakan selama dua hari, 28 dan 29 Mei 2016 dilapangan Segitiga Ombilin, Kota Sawahlunto. Peserta berasal dari 18 kabupaten/kota se Sumbar, dan 4 kecamatan yang ada di Sawahlunto. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan Lomba Ambasador Lansia, Lomba Senan Fashion Lansia, dan Talk Show. Tujuan kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan hari lansia tersebut yakninya untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan usia lanjut, dan memberikan kesempatan bagi mereka para lansia untuk terus berkiprah,”  terangnya. Zrd
 
Top