Mailinda Rose : Toilet Bersih dan Sehat Masih Minim di Sekolah - Sekolah .

N3, Padang - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang memang mewacanakan memperbaiki dan membenahi sarana fasilitas toilet yang ada di sekolah-sekolah. Pembenahan toilet ini dilakukan, sebab berdasarkan hasil survei di lapangan, banyak fasilitas toilet di sekolah yang tidak layak.Hal itu disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah beberapa waktu lalu.

Terkait hal ini ,anggota DPRD Padang Mailinda Rose menyampaikan memang masih minimnya kebersihan toilet disekolah- sekolah di Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar), dan akan berdampak kepada kesehatan yang akan memicu penyakit terhadap anak- anak serta juga dapat menganggu proses belajar dan mengajar di sekolah tersebut.

"Menurutnya perlu pembenahan secara bertahap. Agar peserta didik nyaman belajar, jauh dari penyakit. Hal ini harus jadi perhatian bersama, baik dalam pengangaran, demi melindungi dan menjaga kesehatan anak-anak kita di sekolah," ujarnya dari Jakarta, Jum'at(20/5) ketika di hubungi via selulernya.

Politisi dari Fraksi Nasdem yang akrab dipanggil Rose ini berakata,
besar kemungkinan realisasi jamban sehat untuk sekolah ditahun depan. Sebab, jika dianggarkan pada APBD-Perubahan saat ini tidak akan terakomodir. "Mungkin sebagian yang masuk jika dianggarkan tahun ini. Sebab jika diakomodir secara keseluruhan tidak mencukupi," katanya.

Soal toilet di sekolah-sekolah, menurut Rose lebih idealnya harus ada enam, dengan masing-masing tiga untuk murid perempuan dan pria. Kondisi ini memang telah terpikirkan antara legislatif dan eksekutif.

Namun ada lagi persoalan yang juga sangat penting yakni tentang ruang belajar yang masih minim. Menurutnya tentu kita lebih fokuskan dulu ke persoalan ruang belajar darurat. Saat ini baru tingkat SMA, sementara tingkat SMP dan SD masih belum.
Tambahnya,tentu kami sangat menginginkan agar kondisi toilet setiap sekolah sehat. Sebab, menurutnya, sekolah bukan hanya untuk menuntut ilmu, namun juga untuk mendidik murid-murid menjaga kesehatan. 

"Pendidikan bukan ilmu saja tapi kesehatan juga. Bagaimana anak kita tertib bersih dan bagaimana dia juga menjaga kebersihan, "pungkas Ketua Fraksi NasDem tersebut.(M7).
Previous Post Next Post