N3, Sumbar ~ Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerahkan secara simbolis pendistribusian zakat kolektif tahap II tahun 2016. Kegiatan pendistribusian zakat secara kolektif tahap II ini dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Padang, 23-05-2016. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Baznas Sumatera Barat Syamsul Bahri Khatib, Kabag Agama Biro Bina Sosial Setda Sumatera Barat Jumaidi, dan para penerima zakat.

Jumlah penerima zakat secara kolektif tahap II ini berjumlah 182 orang, dengan jumlah dana 336 juta. Program pendistribusian zakat, untuk Sumbar Makmur dan Sumbar Peduli, yaitu;
 
A. Zakat pemberdayaan dalam program Sumbar Makmur terhadap mustahik yang punya usaha 176 orang, terdiri dari (a) mustahik yang menerima barang uang untuk pengembangan usaha 166 orang, (b) mustahik yang menerima barang 10 orang yaitu berupa 2 buah sampan, 3 buah becak, mesin longtalik 3 unit, dan 2 mesin jahit.
 
B. Zakat konsumtif dalam program Sumbar Peduli terhadap 6 orang fakir.

Sumber dana zakat yang didistribusikan terdiri dari 90% dana Baznas yang berasal dari Pns Skpd/ Kanwil/di Sumatera Barat, 10% dari perorangan dari berbagai profesi yang berzakat pada Baznas Sumatera Barat.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berpesan kepada para penerima zakat untuk dapat menggunakan zakat ini sebaik mungkin dan semoga berkah dan bermafaat. Aldo
 
Top