N3, Sumbar ~ Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan dihadiri juga oleh Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama, Ketua DPRD kota Padang, Wakil ketua DPRD kab.50 kota, kepala taman budaya Sumatera Barat, serta para seniman dan budayawan yang ada di Sumatera Barat.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Barat mengatakan,"kegiatan ini menunjukkan kita di Sumatera Baray syarat dan penuh dengan para seniman serta budayawan, kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, mudah-mudahan kegiatan ini dapat secara rutin berlanjut dilaksanakan. Kami juga berharap agar dalam seni adanya ciri dan nilai minang yang di angkat, dengan demikian ciri dan nilai budaya kita minangkabau di Sumbar ini dapat dikenal lebih dalam dan lebih luas lagi di tingkat global . Tentu juga kita minta kualitas hasil dari lukisan menjadi tuntutan karena dengan hal demikian akan tampak kualitas dan daya seni para seniman dan budayawan kita. Bahkan saya dengar dari pak fadli zon harga lukisan itu ada yg sampai ratusan juta bahkan milyaran, maka jangan sampai harga sefantastis itu tidak diimbangi dengan kualitas yang sepadan."

"Kami di pemerintah juga memasukkan kesenian dan kebudayaan dalam RPJMD dan menjadi salah satu yg diprioritaskan. Semoga kesenian kita ini dapat terus kita lestarikan dan dapat dipelihara serta diperkenalkan oleh para generasi muda kita ke mata dunia." Pesan Irwan Prayitno.

Selanjutnya Fadli Zon dalam sambutannya mengatakan," Saya merasa senang sekali karena para perupa yang sudah berkarya di luar daerah khususnya di jogja dapat kembali ke kampung halaman di Sumatera Barat dan berkiprah, karena sanggar seni komunitas kampuamg sakato ini sudah sering pameran di Jogjakarta. Hal ini merupakan suatu energi baru, ini akan melahirkan kolaborasi yang baru dengan seniman budayawan lainnya yang ada di Sumatera Barat.

Dalam hal ini juga kiranya perlu adanya perhatian yang lebih dari berbagai pihak termasuk dari pemerintah terhadap kesenian kita karena seni juga memberikan energi positif tersendiri bagi kehidupan sehari-hari kita dalam melakukan aktifitas."

"Di berbagai negara maju seperi Eropa, sudah ada wujud penghargaan terhadap hasil karya seni dan menjadi kebanggaan nasional bagi negara mereka. Untuk saat ini mungkin kita masih belum mencapai wujud peradaban seperti itu tetapi kedepan tentu kita akan berupaya melakukan hal yang sama untuk hasil karya seni para seniman dan budayawan kita.". Jelas Fadli Zon.

"Mungkin kedepan istana bung Hatta di Bukittinggi juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi pameran hasil karya seni mengingat lokasi dan populasi penduduk serta tingkat pariwisata yang tinggi" Pesan Fadli Zon kepada Gubernur Sumbar.

Pameran seni rupa ini mengambil tema"Tambo Rupa" yang diikuti oleh 19 seniman Sumatera Barat yang merupakan alumni ISI Yogyakarta. Dimas
 
Top