N3, Padang ~ Pedagang di Pasar raya Padang mulai keluhkan harga gula yang melejit naik. Kenaikan ini memicu daya beli dari masyarakat menjadi menurun yang berdampak kepada sepinya pembeli.

Salah seorang pedagang, Ami, di Pasar Inpres I Blok C mengatakan kenaikan harga gula berkisar antara 3 ribu hingga 4ribu. Awalnya  harga gula putih yang hanya 11 ribu kini menjadi 15 ribu dan harga gula merah 12 ribu menjadi 16 ribu, "katanya.

“Dikatakan akibat kenaikan harga ini pembeli banyak yang mengeluhkan kepada pedagang. Sebagai pedagang saya tidak bisa berbuat apa-apa karena modalnya naik dan terpaksa harga jual harus dinaikkan. Ditambah lagi barang yang langka saat ini,” Paparnya.

Selain itu, dampak dari kenaikan ini juga terlihat dari pasokan gula yang dibutuhkan di kedainya juga berkurang. Ia menuturkan saat ini hanya tinggal 2 karung gula saja untuk gula merah dan gula putih masih banyak stok di kedainya.

“ Untuk harga gula putih per karung mencapai 695 ribu, sedangkan harga gula merah per karung mencapai 700 ribu Sebagai pedagang pun saya sekarang hanya memasok beberapa karung gula ke kedai untuk dijual kembali karena harga yang mahal tersebut,” Ungkap Ami.

Secara terpisah, Ida (56), juga mengeluhkan harga gula yang naik Rp 3 hingga Rp 4 ribu per kilogramnya. Hal ini menurutnya pasokan gula saat ini sudah mulai langka dan sedikit di distributor,"tuturnya.

Sementara kepala Disperindagtamben, Hendrizal Azhar mengatakan, kenaikan gula diklaim karena distribusi macet dan perilaku pedagang mempermainkan harga. ”Tidak tertutup kemungkinan ada masalah di daerah produksi.

Diakuinya, saat ini harga naik, kenaikannya sudah mencapai 10 persen, sehingga Disperindag tamben akan melakukan operasi pasar. Namun sejauh ini pihaknya sudah melakukan operasi pasar namun belum menyeluruh, hanya didaerah centra saja baru.

Melalui Persatuan Pedagang Indonesia/(PPI) dibantu Bulog melakukan operasi pasar. Kalau harga terus merangkak naik pihaknya akan turun kedalam pasar untuk razia harga.

"Lanjutnya, Pihaknya akan terus memantau kenaikan harga gula ini. ”Gula biasanya fluktuatif, naik dan turu.Tapi akan terus kami pantau", ungkapnya. A7
 
Top