N3, Padang Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kota Padang berhasil menghimpun swadaya masyarakat dengan nilai Rp12 miliar terhitung sejak sejak 5 Mei 2016 hingga hari ini, Sabtu (28/5). Nilai tersebut sekitar 460 persen dari pembiayaan stimulan Rp3,6 miliar yang diberikan pemerintah untuk 104 kelurahan di 11 kecamatan se-Kota Padang atau masing-masingnya Rp35 juta.
"Alhamdulillah, pencapaian ini bukti meningkatnya partisipasi masyarakat untuk pembangunan. Kegiatan BBGRM memang
bertujuan untuk menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan sekaligus menjadi
gerakan nasional," kata Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah di sela kegiatan monitoring BBGRM di dua kelurahan di Kecamatan Padang Barat, yaitu Kelurahan Flamboyan Baru dan Kelurahan Ujung Gurun, Sabtu (28/5).

Walikota menambahkan, disinilah peran lembaga kemasyarakatan atau Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk menghimpun dan memberdayakan potensi-potensi dalam membangun lingkungan, baik berupa kegiatan fisik maupun non. Bentuk kegiatan berupa penyuluhan dan pembenahan lingkungan, seperti perbaikan riol, betonisasi, pembukaan jalan baru, pembangunan dan renovasi sarana umum lainnya.

"Berdasarkan usulan rencana kegiatan manunggal tahun 2016 ini, dari masing-masing kecamatan terhimpun sebanyak 359 kegitan,"katanya.

Dengan kegiatan inilah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sebagai wadah masyarakat berperan mengajak semua elemen untuk berpartisipasi dengan spontan dalam melaksanakan pembangunan lingkungan.

" Disinilah peran lembaga kemasyarakatan atau LPM sebagai wadah untuk menghimpun dan mengajak masyarakat dalam membangun lingkungan," tambahnya.
 
Top