Langkah Pertamina Bubarkan Grup Petral

N3, Jakarta ~ Langkah PT Pertamina (Persero) membubarkan Grup Petral yang terdiri dari tiga anak usaha, tidak akan membutuhkan waktu lama lagi. Saat ini, proses pembubaran Pertamina Energy Trading (Petral), Pertamina Energy Service Pte Ltd (PES) dan Zambesi Investment sudah memasuki tahap formal likuidasi.

Direktur Keuangan Pertamina Arif Budiman mengatakan, pihaknya sudah melakukan proses likuidasi terhadap dua entitas Grup Petral di Hong Kong yaitu Zambesi dan Petral. Proses likuidasi Zambesi dimulai sejak 17 Desember 2015, sementara Petral sejak 1 Februari lalu. 
 
Saat ini, proses likuidasi dalam tahap pelaporan pajak atau tax filing sehingga hanya tinggal menunggu keterangan bersih (tax clearance) dari otoritas pajak di Hong Kong. Selanjutnya, kedua perusahaan itu akan dihilangkan.

Adapun untuk PES di Singapura, Arif mengatakan, pihak likuidator sedang memproses penagihan piutang PES kepada pihak ketiga. Proses formal likuidasi ini sudah dilakukan sejak 4 Februari lalu. “Keputusan akhir terkait penagihan piutang ini akan dikonsultasikan ke Kementerian BUMN,” kata Arif dalam konferensi pers di Gedung Pertamina. Rel/ktd
Previous Post Next Post