Gubernur Sumbar Harap Melalui UKW Ciptakan Wartawan Profesional dan Kompeten”.

N3, Sumbar ~ Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menghadiri kegiatan Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI ) di Padang Jumát, siang (22/4). Turut hadir mendampingi Asisten bidang pemerintahan Prov Sumatera Barat Devi Kurnia,SH.MM dan Kepala Biro Humas Irwan, S.Sos.MM.

Kegiatan yang bertemakan,”Menciptakan Wartawan yang Profesional dan Berkompeten” ini sudah dilaksanakan kesekian kalinya dan sudah dilaksanakan di berbagai penjuru tanah air, baik diselenggarakan oleh PWI Sumbar dengan Tim Penguji dari Dewan Pers dan PWI Pusat.

Terdapat 3 tingkat dari wartawan, masing-masingnya yaitu Claster Muda, Claster Madya, dan Claster Utama. Untuk uji kompetensi kali ini diikuti oleh 77 orang wartawan. Dan hingga saat ini sudah terdapat 550 orang awak media yang termasuk dalam kategori berkompeten di Indonesia.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Barat mengatakan,” Kita mendukung penuh terhadap kegiatan seperti ini. Kami berharap wartawan dapat memberikan informasi yang terbuka dan pencerahan kepada masyarakat. Pemprov Sumbar akan terus bermitra dengan wartawan sesuai peran, fungsi dan tugas masing-masing.”

“Wartawan harus memiliki ilmu dasar dalam melaksanakan tugasnya sebagai awak media yang nantinya akan memberitakan berbagai informasi yang diperoleh kepada masyarakat luas. Terkadang ketika sedang wawancara dengan saya, dari pertanyaan yang diberikan oleh wartawan tersebut saya sudah bisa membaca dan mengetahui apakah wartawan itu berkompeten atau tidak. Melihat kondisi saat ini merupakan sebuah keniscayaan, suatu yang tidak bisa dipungkiri bahwa wartawan saat ini dituntut kompetensinya.” Jelasnya.


Agar setiap saat wartawan Sumbar untuk selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya dalam dunia jurnalistik, sehingga hasil pemberitaan akan semakin cerdas, mendidik, memberdayaan masyarakat serta juga memberikan perhatian dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Wartawan yang kompeten tentunya memiliki kepribadian dan pemikiran yang baik dalam memajukan pembangunan di Sumatera Barat, pesannya. Zrd
Previous Post Next Post