Ali Asmar : ' Penanggulangan Bencana Harus Cepat'

Barat pada hari pada Senin Malam kemaren telah mengakibatkan korban jiwa dan berbagai kerugian harta bencana. Menyikapi kondisi ini Sekretaris Daerah Dr. Ali Asmar,MP.d melalukan rapat terknis dengan instansi terkait dalam upaya penganggulangan bencana serta langkah-langkah yang akan dilakukan.

Sekdaprov. Ali Asmar disela-sela kesibukannya diruang kerja, Selasa (9/2) menyanyampaikan, upaya penanggulangan menghadapi kondisi bencana saat ini pemerintah provinsi akan menyurati SKPD terkait membantu langkah-langkah operasional sesuai dengan kewenangan masing-masing dengan berkoordinasi kepada Bupati/Walikota daerah yang terkena bencana.

Kedua Menyurati Bupati/Walikota yang isi untuk melakukan hal-hal yang segera diambil sesuai tanggungjawab bencana di daerah. Dimana daerah harus melakukan administrasi oleh BPBD mengkoordinir SKP teknis untuk melaksanakan masa “ Tanggap Darurat”, berapa lama.

Berdasarkan hasil rapat dan kajian BPBD tersebut, Bupati/ Walikota setempat membuat pernyataan Tanggap Darurat di SK kan. Dan berdasarkan SK, pembentukan Posko Komando Darurat Bencana. Tim Komando Tanggap Darurat melakukan kegiatan, memulihkan masyarakat di evakuasi seperti semua, memperbaiki fasilitas umum seperti jalan , jembatan dan lain-lain apa apa yang dilakukan selama masa Tanggap Darurat, ujarnya

Kemudian Sekda juga menambakan,provinsi saat ini sedang turun kelapangan melakukan pendataan kebutuhan penanggulangan daerah bencana, seperti Tank Air Bersih dan Tank Air Pembersih. Keempat BPBD Provinsi melakukan koordinasi secara intens tanggap darurat Kabupaten/ Kota.

Pemberian dan penerimaan bantuan bencana di daerah agar dilakukan di Posko Darurat bencana atas perintah komando di lapangan. Tim Komando agar selalu membuat laporan kondisi terakhir perkembangan yang terjadi setiap waktunya.

Kepada masyarakat yang saat ini dilanda musibah bencana ini, diharapkan mampu bersabar dam tawakal dengan segala sesuatu serahkan kepada Allah SWT. Namun kita terus berupaya melakukan pencarian dan memperbaiki perlahan-lahan, kita juga akan memberikan bantuan tanggap darurat sesuai kondisi masyarakat di lapangan.

Karena kondisi cuaca masih ektrim dihimbau masyarakat selalu berhati-hati dan waspada, terutama bagi rumah-rumah penduduk yang berada di lereng-lereng bukit dan mencari tempat yang tinggi agar terhindari bencana longsor dan banjir, ajaknya.

Kepala BPBD Sumbar Zufiatno juga menyampaikan, hingga saat ini BPBD Provinsi Sumatera Barat telah melakukan memberikan bantuan logistik dan peralatan berupa, makanan siap saji, makanan tambahan gizi, sandang, Kain Sarung, Perahu karet beserta mesin dan peralatan vertical rescue untuk kabupaten Limapuluh Kota, Kab Solok Selatan, Kab . Solok, Kota Solok, Kab. Sijunjung dan Kota Sawahlunto.

Menurunkan personil BPBD kab/ko yang mengalami banjir dan longsor untuk memberikan dukungan bantuan berupa peralatan dan personil.
Previous Post Next Post